Kegiatan Pemerintahan
13 Juni 2017, 11:40 WIB
Foto : Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Tuban Edi Kartono, ST.,M.T. (nanang wibowo/hei)

Tubankab - Jelang Lebaran tahun ini, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Tuban mulai sibuk mempersiapkan infrastruktur jalan untuk arus mudik agar bisa berjalan dengan baik dan lancar.

“Saat ini kita sedang menggenjot program perbaikan jalan untuk memudahkan dan melancarkan arus mudik. Perbaikan jalan bersifat normal dan sementara, sehingga jalan masih tetap bisa dilalui,’’ terang Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Tuban Edi Kartono, ST.,M.T saat ditemui wartawan di kantornya, Selasa (13/06).

Menurut Edi, beberapa jalan yang masih dalam proses perbaikan akan dihentikan sementara sampai dengan H-7 Lebaran. Pasca lebaran akan dilanjutkan lagi. Ini demi kenyamanan pengendara saat mudik Lebaran.

“Kita hentikan ketika memasuki H-7. Tentu dengan syarat kebersihannya juga harus terjaga. Artinya, segala peralatan maupun bekas perbaikan sudah dibersihkan. Ini bertujuan agar pemudik tidak terganggu,” ungkap Edi.

Terkait dengan kemacetan, Dinas PU juga memberikan alternatif jalan untuk menanggulangi agar tidak sampai terjadi penumpukan kendaraan di jalan. Alternatif jalan tersebut, kata Edi, akan dibagi menjadi tiga rute, yakni barat, tengah dan timur.

Edi menambahkan, untuk jalur barat jika terjadi kemacetan yang berkepanjangan, pemudik bisa mengambil jalur Bulu-Jatirogo. Lalu untuk tengah, meliputi Merakurak-Jojogan. “Jalur tengah ini lebih khusus untuk mobil penumpang umum (MPU). Untuk bus belum bisa, karena rute yang tidak memungkinkan,” imbuhnya.

Sedangkan wilayah timur, Dinas PU menyediakan alternatif jalan, yakni pertigaan Soko-Jembatan Glondong, Plumpang-Compreng. Menurut Edi, pemudik bisa mengambil rute ini apabila terjadi kemacetan di wilayah Pakah-Compreng. Sedangkan jalur lain yang bisa dilalui yakni Pakah-Rembes, Pakah-Gesikharjo. (nanang wibowo/hei)