Kegiatan Pemerintahan
16 Juni 2017, 12:00 WIB
Foto : Kepala Dishub Kabupaten Tuban Drs. Muji Slamet, MBA. (nanang wibowo)

Tubankab - Jumlah pemudik Lebaran tahun ini diperkirakan akan meningkat 14-15 persen dari tahun lalu. Estimasi ini diperoleh setelah Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tuban melakukan rapat koordinasi dengan pihak-pihak terkait di Pemprov  Jatim.

“Kita mulai melakakukan sejumlah upaya demi menjaga kenyamanan dan keamanan para pemudik, karena jumlah pemudik  diperkirakan meningkat,’’ ujar Kepala Dishub Kabupaten Tuban Drs. Muji Slamet, MBA saat dikonfirmasi wartawan di kantornya, Jum’at (16/06).

Muji mengakui, koordinasi penuh sudah dilakukan dengan pihak lantas, dan satpol pp terkait persiapan mudik. Dari koordinasi tersebut, lanjut Muji, dibuat sejumlah posko peristirahatan bagi pemudik. “Di ruas jalan nasional sudah tersebar di beberapa titik. Ini agar pemudik bisa sekadar istirahat atau minum kopi,” terang Muji.

Masih menurutnya, sesuai dengan arahan dirjen perhubungan darat, dalam persiapan ini pihaknya tidak jalan sendiri, namun koordinasi penuh dengan beberapa pihak yang sudah disebutkan tadi. Sehingga, posko-posko yang ada nantinya tidak hanya dari dishub, melainkan juga dari polres dan satpol pp.

Muji menyampaikan bahwa sudah ada edaran dari dirjen perhubungan darat terkait larangan melintas bagi truk yang mengangkut barang non sembako selama H-7 sampai dengan H+7 Lebaran. Ini agar pengguna jalan khususnya pemudik tidak terganggu dan arus lalin bisa berjalan lancar.

“Truk tidak boleh jalan, bisa stand by di pangkalan maupun garasi masing-masing. Kita nanti akan ngecek di pangkalan truk,” aku Muji.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Dishub Tuban kali ini bekerja sama dengan Dishub Provinsi Jawa Timur menggelar mudik gratis. Biayanya dari pemprov dan kabupaten. “Mudik gratis ini tidak hanya kendaraan yang kita siapkan, tapi juga snack,” imbuhnya.

Dishub juga menyiapkan sejumlah sarana untuk mengurangi risiko kecelakaan selama mudik Lebaran, khususnya untuk daerah yang rawan kecelakaan. Sejumlah rambu-rambu sudah dipasang di sepanjang jalan di pertigaan maupun perempatan jalan, tak lupa pita kejut juga dibuat oleh dishub di beberapa jalan untuk memberi efek kepada pemudik agar tidak mengantuk saat berkendara. (nanang wibowo/hei)