Kegiatan Pemerintahan
10 Agustus 2017, 14:01 WIB
Foto : Edi Sukirno (paling kiri), Kabid Perindustrian, Diskoperindag Kabupaten Tuban. (chusnul huda)

Tubankab - Sebanyak 203 peserta kategori umum dan 26 kategori pelajar mengikuti lomba inovasi produk makanan yang diselenggarakan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tuban.

Edi Sukirno, Kabid Perindustrian, Diskoperindag Kabupaten Tuban, Kamis (10/08) saat ditemui di ruang kerjanya menyampaikan, dirinya menyayangkan masih minimnya peserta dari kategori pelajar. Padahal, pihaknya sangat berharap partisipasi peserta dari kalangan pelajar lebih banyak.

“Mungkin para pelajar masih minim informasi, karena keterbatasan kita untuk promosi sehingga belum optimal. Padahal kita juga sudah pasang banner di tiap kecamatan dan kirim surat ke Dinas Pendidikan Tuban,” terangnya.

Meski demikian, dirinya berharap tahun depan bisa lebih banyak peserta untuk menggali potensi produk makanan ringan lokal Tuban. “Tujuannya untuk mengubah mindset pelajar agar sejak dini punya jiwa wirausaha dengan memanfaatkan potensi Sumber Daya Alam (SDA) di sekitarnya,” imbuh pria berkaca mata ini.

Pasca lomba ini, ujar Edi, ke depan para pelaku usaha diharapkan bisa mengikuti disertifikasi produk. Sebab, pelaku usaha itu sendiri dituntut untuk ada inovasi agar bisa bersaing. “Kalau tidak ditunjang dengan kreativitas yang tinggi, kita akan ketinggalan,” pungkas Edi.

Lomba ini untuk memunculkan ide-ide inovasi, dan selanjutnya pihak Diskoperindag Tuban akan memfasilitasi dan berkontribusi pada pengurusan produk PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga), izin edar dan label kemasan bagi para pemenang, jika inovasi produk makanan diproduksi secara massal. (chusnul huda/hei)