Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati
11 Agustus 2017, 14:44 WIB
Foto : Bupati Tuban Fatchul Huda (kiri) saat melepas peserta Rainas. (edo/humas)

Tubankab - Bupati Tuban H. Fathul Huda, hari ini Jumat (11/08) memberangkatkan secara simbolis peserta Raimuna Nasional (Rainas) ke-11 tahun 2017, yang diselenggarakan oleh kwartir nasional (Kwarnas) gerakan pramuka.

Pemberangkatan secara simbolis tersebut dilaksanakan di halaman depan Pringgitan Kompleks Pendapa Krida Manunggal Tuban.

Dalam arahannya, bupati berpesan agar Pramuka Tuban dapat mencontoh sifat salah satu pahlawan asal Tuban, yaitu Ronggolawe. “Meskipun dia kuat dan pemberani, tetapi selalu bersikap santun kepada semua orang,’’ tutur bupati.

Sementara itu, Pimkopcab Tuban Saiful Mawaib saat ditemui usai acara mengatakan, peserta yang akan mengikuti Rainas ke-11 di Bumi Perkemahan Cibubur Jawa Barat tersebut berjumlah 24 orang, terdiri dari 12 perempuan dan 12 laki-laki.

Lebih lanjut Saiful menjelaskan, regu yang akan berangkat (Rainas) telah melaksanakan persiapan jauh hari.

Awal bulan telah dilaksanakan pemilihan anggota dari ranting masing- masing kecamatan, dan terpilih sebanyak 24 orang, 12 laki laki dan 12 perempuan.

Setelah itu, pada 7 hingga 9 Agustus para peserta mendapatkan pelatihan kedisiplinan, dan kemandirian, serta motivasi dari Ketua Kwartir Cabang sekaligus Kadis Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tuban Sulistiadi.

Saiful berharap, para peserta setelah mengikuti Rainas ini akan memberikan dampak yang lebih baik bagi khazanah kepramukaan di Tuban, dengan mengamalkan apa yang diperoleh dari Rainas .

Adapun Rainas ke-11 akan berlangsung di Bumi Perkemahan Cibubur Jawa Barat dari 13 hingga 21 Agustus 2017. Nantinya, pembukaan Rainas ke-11 akan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo, didampingi beberapa menteri kabinet kerja. (nurul jamilah/hei)