Berita Umum
29 Oktober 2017, 16:27 WIB
Foto : Para peserta ngonthel diberangkatkan dari Alun-alun Tuban. (dadang s)

Tubankab - Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Tuban ke-724, Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kabupaten Tuban menggandeng Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) Jawa Timur, menggelar acara sepeda bersama bertajuk ‘Ngontel Karo Bupati’, yang digabungkan dengan pengukuhan pengurus ISSI Tuban periode 2017-2021, Minggu (29/10).

Ketua Umum ISSI Tuban, Murtadji mengatakan bahwa acara pengukuhan ini sengaja dilaksanakan dengan kegiatan bersepeda bersama dan dirangkaikan dengan Hari Jadi Kabupaten Tuban ke-724.

“Meski bukan sepeda balap sebagaimana ISSI menaungi cabang olahraganya, kegiatan ini adalah bagian dari sosialisasi kepada masyarakat untuk lebih mengenalkan ISSI sebagai olahraga yang saat ini resmi bernaung di KONI Tuban,” ujar Murtadji yang saat ini juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tuban Ini.

Kegiatan yang dipusatkan di Alun-alun Tuban ini diikuti olah ribuan pecinta sepeda tua dari berbagai daerah di Jawa Timur dan masyarakat umum dari Tuban. "Agar lebih meriah kami menggandeng KOSTI," kata Murtadji.

Selanjutnya setelah dikukuhkan, Murtadji berjanji pihaknya akan langsung fokus pada pembinaan para atlet balap sepeda. Saat ini sudah ada beberapa atlet yang mulai menjalani program latihan bersama pelatih. 

"Harapan kami, bakat dan potensi para atlet tergarap dengan baik, sehingga mampu membawa nama Tuban dalam setiap even melalui prestasi mereka," imbuh Murtadji.

Harapan ini juga dilontarkan oleh Wakil Bupati, Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si. Kepada Pengurus ISSI yang telah dikukuhkan, diharapkan dapat langsung menyusun program kerja dan melaksanakannya sebaik mungkin, sebagai cabang olahraga yang kembali dihidupkan di Bumi Wali, selain itu diharapkan dapat menaungi para atlet-etlet berbakat dan tercipta bibit-bibit pesepeda yang bisa diandalkan.

“Semoga balap sepeda akan dapat berprestasi dan mengharumkan nama Kabupaten Tuban di berbagai kejuaran,” ujar wabup.

Selain itu kepada KOSTI, wabup memberikan apresiasinya. Para pecinta sepeda tua tersebut menurut orang nomor 2 di Kabupaten Tuban ini adalah orang yang menjaga dan melestarikan sejarah. Mereka juga tetap menjaga kekompakannya selama ini, bahkan berkeliling ke berbagai daerah untuk menunjukkan kecintaan terhadap sepeda tua.

“Mereka ini luar biasa, melestarikan sejarah dengan sepeda tua dan mengenalkan olahraga bersepeda di kalangan muda saat ini” tambahnya.

Wabup berharap kegiatan serupa dapat digelar kembali di tahun-tahun mendatang, untuk memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Tuban. “Semoga tahun depan dapat kembali dilaksanakan dan semakin banyak yang mengikuti,” pungkasnya

Selain ada hiburan, diakhir acara, masyarakat mengikuti undian dengan hadiah utama dua sepeda motor matix, 10 sepeda gunung, lemari es, televisi dan puluhan hadiah hiburan. (dadang setiawan/hei)