Berita Umum
29 Oktober 2017, 16:51 WIB
Foto : Wabup saat berangkatkan peserta jalan sehat. (dadang s)

Tubankab - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban gelar sosialisasi pemilihan kepala daerah (pilkada ) serentak tahun 2018 dengan mengadakan jalan sehat gerakan sadar pemilu dan pilkada, Minggu (29/10). Hadir dalam acara ini Wakil Bupati Tuban, Ketua DPRD Tuban, Kapolres Tuban, Komisioner KPU dan pengurus, Paswaskab Tuban, perwakilan partai dan masyarakat.

Ketua KPU Kabupaten Tuban Kasmuri mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tuban agar dapat memeriahkan pelaksanaan jalan sehat gerakan sadar pemilu. Menurutnya, ini salah satu cara KPU untuk melakukan sosialisasi dan meningkatkan partisipasi pemilih sesuai Peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2017 dan sekaligus memberikan pemahaman pemilu dan pilkada kepada masyarakat.

Menurut Kasmuri kegiatan hari ini juga dilakukan secara serentak oleh KPU provinsi/kabupaten/Kota seluruh Indonesia yang menyelenggarakan pemilihan gubenur dan wakil gubenur, bupati dan wakil bupati/atau walikota dan wakil walikota 2018.

"Walaupun tidak menggelar pilkada bupati/wakil bupati, tetapi Kabupaten Tuban turut melaksanakan pesta demokrasi Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa timur yang diselenggarakan serentak pada 2018 nanti," ujar Kasmuri.

Sementara itu, Wakil Bupati Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si mengungkapkan bahwa Pemkab Tuban yang merupakan bagian dari Provinsi Jawa Timur memiliki kewajiban mendukung secara penuh pelaksanaan Pilkada 2018. Bersama KPU, Pemkab juga akan ikut mensosialisasikannya kepada masyarakat.

“Jalan sehat merupakan salah satu cara yang efektif, karena merupakan olahraga paling mudah dan diminati banyak orang, sehingga sosialisasi dengan cara ini lebih optimal,” ujar wabup.

Jalan sehat ini mulai start dari depan kantor KPU Tuban di Jalan Pramuka belok kiri ke Jalan  Sunan Kalijaga sampai Patung Letda Sucipto belok kiri menuju Jalan dr. Wahidin Sudirohusodo sampai perempatan Polres Tuban belok kiri ke jalan Pramuka dan finish di depan kantor KPU Tuban. Dalam kegiatan ini KPU Tuban juga telah menyiapkan banyak hadiah menarik yang bisa didapatkan oleh peserta jalan sehat.   

Dengan sosialisasi yang baik, wabup dua periode ini yakin bahwa target 78 persen partisipasi pemilih yang ditargetkan oleh KPU Tuban di Pilkada Gubernur/Wakil Gubernur Jatim tahun depan bisa tercapai. “Dengan sosialisasi dan kerja yang optimal dari KPU, saya yakin target bisa tercapai,” pungkasnya. (dadang setiawan/hei)