Berita Umum
08 Nopember 2017, 14:02 WIB
Foto : Ketua Umum FORMI Jawa Timur Drs. Suparman, M.Si. (nanang)

Tubankab - Olahraga yang paling penting adalah pembinaan dan pengembangan. Sebab, kedua hal itu yang menjadi pondasi dasar dalam pembangunannya. Tanpa pondasi dasar yang kuat, niscaya pembangunan bidang olahraga tidak akan terealisasi dengan baik.

“Ibarat rumah, kalau pondasi kuat, mau tingkat berapapun kita membangun, pasti tidak akan goyah,” ujar Ketua Umum FORMI Jawa Timur Drs. Suparman, M.Si saat memberikan sambutan pada acara pengukuhan Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Kabupaten Tuban periode 2017-2022 di Gedung Korpri, Rabu (08/11).

Menurut Suparman, yang pertama harus dilakukan, yakni melihat kecintaan terhadap olahraga, dan kemudian dibudayakan di keluarga, dan masyarakat. Hal ini, lanjutnya, dukungan keluarga sangat dibutuhkan untuk menuju prestasi.

Pria berkumis ini juga membeberkan, segala bentuk olahraga prestasi yang ada dan berkembang, pada dasarnya berangkat dari olahraga masyarakat (sekarang olahraga rekreasi). Ia mencontohkan, banyak olahraga masyarakat seperti pencak silat, wushu, sepak takraw, dan lain sebagainya yang kemudian berkembang menjadi olahraga prestasi.

“Semua prestasi berawal dari bawah, semua dimulai dari olahraga masyarakat,” imbuh Suparman.

Tak hanya itu, Suparman juga menyambut dengan tangan terbuka atas apa yang diusulkan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tuban terkait gerakan masyarakat sehat. Ke depannya, sambungnya, FORMI akan terus mendukung dan turut andil dalam germas yang diperakarsai oleh kementerian kesehatan dan kementerian pemuda dan olahraga.

“Kalau semua orang Tuban itu sehat, saya yakin apa yang dicita-citakan sesuai dengan yel-yel tadi itu bisa dicapai. Sehat itu nikmat Allah yang tidak ternilai,” pungkas Suparman. (nanang wibowo/hei)