Berita Umum
13 Nopember 2017, 19:24 WIB
Foto : Panitia kegiatan Gala Desa sedang rapat koordinasi. (chusnul huda)

Tubankab - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI melalui ajakan “Ayo Olahraga” pada 2017 telah meluncurkan program Gala Desa 2017. Program ini menyasar 136 kabupaten/kota se-Indonesia, di antaranya adalah Kabupaten Tuban.

Nashirul Umam selaku pengarah kegiatan Gala Desa 2017 di Tuban usai rapat koordinasi panitia, Senin sore (13/11) menyampaikan bahwa Kabupaten Tuban dipercaya oleh Kemenpora RI untuk menyelenggarakan Gala Desa 2017. Oleh sebab itu, kepercayaan yang diberikan harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

“Panitia saat ini sedang mematangkan persiapan dan pembukaan acara. InsyaAllah rencananya pada 21 November 2017 open ceremony Gala Desa 2017 di lapangan GOR Rangga Jaya Anoraga Kabupaten Tuban,” kata pria yang juga Ketua Umum Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Tuban tersebut.

Ia menambahkan, kegiatan ini menggandeng Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tuban, serta KONI Kabupaten Tuban, dan sebagai pelaksana adalah pengurus Karang Taruna Kabupaten Tuban.

Program Gala Desa itu sendiri, lanjutnya, bersifat kompetisi yang dikemas secara profesional dengan melibatkan berbagai pihak terkait, sehingga program ini berdampak secara masif dan mengena di berbagai segmen masyarakat untuk dapat berpartisipasi aktif dalam berolahraga, baik secara individu atau kelompok.

Sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional, pasal 75, “masyarakat memiliki kesempatan yang sama dan seluas-luasnya untuk berperan serta dalam kegiatan keolahragaan,” peran serta masyarakat sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat dilakukan secara perseorangan, kelompok, keluarga, organisasi, profesi, badan usaha, atau organisasi kemasyarakatan lain sesuai dengan prinsip keterbukaan dan kemitraan. Masyarakat dimaksud, baik yang ada di perkotaan maupun di pedesaan. Gala Desa 2017 sesuai bidang olahraga yang ditentukan oleh Kemenpora RI meliputi cabang olahraga: sepak bola, bola voli, sepak takraw, tenis meja, bulu tangkis, dan atletik. (chusnul huda/hei)