Kegiatan Pemerintahan
24 Nopember 2017, 18:34 WIB
Foto : Koordinator PSC 119 dr. Alvian. (nurul jamilah)

Tubankab - Pemkab Tuban melalui Dinas Kesehatan Kabupaten resmi meluncurkan Layanan Gawat Darurat Public Safety Center (PSC) 119 beberapa waktu lalu. PSC 119 membuka kesempatan untuk masyarakat yang ingin bergabung menjadi relawan.

Koordinator PSC 119 dr. Alvian saat dikonfirmasi mengatakan, PSC 119 adalah milik masyarakat. Oleh karena itu bagi masyarakat yang ingin bergabung menjadi tim relawan, kesempatan tersebut sangat terbuka lebar.

Alvian menjelaskan, nantinya para relawan tersebut akan dilatih terlebih dahulu mengenai bagaimana standar memberikan pertolongan pertama kepada pasien yang mengalami kegawatdaruratan medis, seperti SPR atau semacamnya. Tugasnya, adalah untuk membantu para medis di tempat kejadian.

“Di sini latar belakang pendidikan tidak berpengaruh,’’ujar Alvian kepada wartawan, Jumat (24/11).

Awalnya, menurut Alvian, PSC 119 Tuban telah memiliki 30 orang paramedis bersertifikat nasional, yang tersebar di Palang dan Semanding. Jumlah tersebut terus bertambah seiring kerjasama antarpuskesmas yang telah dijalin.

“Jika nanti ditambah dengan bantuan para relawan, pemberian layanan pra rumah sakit akan lebih optimal, cepat dan responsif,’’ kata Alvian meyakinkan.

Diketahui, PSC 119 adalah pelayanan medis yang dapat dihubungi secara cepat, terpusat di NCC (National Comment Center), terkoneksi dengan seluruh rumah sakit daerah maupun swasta dan seluruh puskesmas.

PSC bermarkas di RSUD Koesma Tuban, tepatnya di Trauma Center. Layanan 24 jam ini, di setiap timnya terdiri dari 2 hingga 3 orang tenaga medis, dilengkapi dengan ambulance yang telah berstandar nasional, dan siap melayani masyarakat yang mengalami keadaan darurat medis di mana saja. (nurul jamilah/hei)