Berita Umum
10 Desember 2017, 18:39 WIB
Foto : Anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Tuban turun ke jalan membagikan ratusan nasi kotak kepada para tukang becak dan kaum duafa. (chusnul huda)

Tubankab - Sedikitnya 42 anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Tuban turun ke jalan membagikan ratusan nasi kotak kepada para tukang becak dan kaum duafa di sekitar Terminal Wisata Sunan Bonang dan pangkalan becak Sunan Bonang  Kabupaten Tuban, Minggu (10/12).

Kegiatan tersebut dalam rangka bakti sosial memperingati Hari Relawan Internasional yang jatuh pada 05 Desember setiap tahunnya, sekaligus wujud kesiapsiagaan bencana yang dilakukan anggota Tagana Kabupaten Tuban.

Izzul Fuadi, Sekretaris Umum Tagana Kabupaten Tuban usai membagikan nasi kotak menerangkan, pihaknya telah menyiapkan peralatan dapur umum. Selain untuk memasak 300 nasi kotak, sekaligus menyiapkan diri bila ada bencana di saat menghadapi cuaca ekstrem seperti saat ini.

Pria asli Kecamatan Rengel ini menambahkan, selain untuk membantu meringankan beban tukang becak di saat makan siang, hal ini juga wujud kepedulian sosial karena misi Tagana adalah menjadi teman masyarakat melalui program Tagana Teman Masyarakat (TTM).

Hal senada disampaikan, Harsono Tri Asworo, Kabid Pemberdayaan Sosial, Dinsos P3A Kabupaten Tuban saat mendampingi para Tagana. Ia menyatakan, pihaknya mendukung penuh atas apa yang dilakukan Tagana Kabupaten Tuban.

“Mereka melakukan simulasi mempersiapkan peralatan dapur sekaligus tadi memasak di kantor Dinsos. Daripada masakannya mubadzir, kita bungkus dan bagikan kepada tukang becak, sebagai wujud kepedulian nasib sesama,” terang pejabat asli Kecamatan Kerek ini.

Selain itu, ia mengatakan, Tagana Kabupaten Tuban telah mendelegasikan 14 anggotanya untuk dikirim ke Kabupaten Pacitan dalam rangka penanggulangan bencana banjir dan tanah longsor. (chusnul huda/hei)