Berita Umum
11 Desember 2017, 23:04 WIB
Foto : Acara pembukaan SIRNAS Bola Voli Pantai di Pendapa Krida Manunggal, Senin (11/12) malam.(nurul jamilah)

Tubankab - Bupati Tuban Fatchul Huda menyampaikan, dengan diadakannya Kejuaraan Voli Pantai Sirkuit Nasional (SIRNAS) seri V di Tuban, akan mampu memberi semangat para pemuda untuk bisa meningkatkan prestasi.

“Saya ucapkan terimakasih kepada panitia SIRNAS, yang telah memilih Tuban jadi tuan rumah. Dengan adanya acara ini, Tuban akan lebih dikenal, selain itu juga bisa menjadi semangat bagi para pemuda Tuban agar berprestasi,” terang bupati saat memberikan sambutan dalam acara pembukaan SIRNAS Bola Voli Pantai di Pendapa Krida Manunggal, Senin (11/12) malam.

Bupati menegaskan, Pemkab Tuban sangat konsern terhadap olahraga. Terbukti, dengan adanya peningkatan dana alokasi yang naik hingga 500 persen untuk KONI. Selain itu, juga perbaikan sarana dan prasarana olahraga yang menjadi prioritas Pemkab Tuban.

Masih menurut orang nomor satu di Tuban ini, olahraga adalah sebuah kegiatan yang positif dan memiliki dampak membangun mental anak-anak. Apalagi, di era sekarang, jika anak muda tidak difasilitasi kreativitasnya, maka waktu senggang mereka akan dimanfaatkan untuk hal yang tidak produktif.

“Olahraga sangat penting, terutama untuk anak muda, bisa membangun kekuatan fisik juga mental,” kata bupati.

Bupati berharap, SIRNAS voli pantai di Tuban bisa melahirkan atlet voli berprestasi. Tak hanya tingkat nasional, tetapi hingga tingkat internasional. Sebab, cetus  bupati, tak semua daerah punya pantai.

Semoga sirkuit voli pantai yang kita miliki ini bisa mencetak dan melahirkan generasi emas atlet voli nasional, atau bahkan internasional,” tutup bupati.

Sementara itu, diketahui sebanyak 38 tim dari lima provinsi di Indonesia tercatat mengikuti kejuaraan voli pantai. Kejuaraan tingkat nasional yang akan dimulai pada 13 hingga 16 Desember tersebut, akan diselenggarakan di lapangan voli pantai komplek Tanah Mas Sport, Mangrove Center Tuban.

38 tim tersebut, terdiri dari 22 tim putra dan 16 tim putri dari Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. 7 tim di antaranya,  merupakan tim tuan rumah.

Ketua Umum Koni Tuban Mirza Ali Mansur menyampaikan, SIRNAS serie lima kali ini berbarengan dengan event kejuaraan di Bali dan Training Center (TC) atlet persiapan ASIAN GAMES 2018 di Solo. Sehingga pesertanya tidak begitu banyak.

“Meski tidak banyak, turnamen seri V di Tuban, saya janjikan akan berjalan menarik dan menghibur. Soalnya, ada beberapa atlet dari timnas voli pantai asal Provinsi NTB yang ikut berpartisipasi meramaikan gelaran SIRNAS perdana Tuban,” terang Mirza.

Dikatakannya, sebelum pertandingan resmi digelar mulai Rabu besok, para peserta terlebih dahulu akan melakukan tes uji lapangan pada Selasa (12/12).

Mirza berharap, semua pertandingan dalam event SIRNAS Voli Pantai seri V di Bumi Wali Tuban, dapat berjalan dengan lancar dan sukses. (nurul jamilah/hei)