Kegiatan Pemerintahan
29 Desember 2017, 17:45 WIB
foto : . Rombongan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tuban saat meninjau kawasan agro wisata Gunung Purung.(chusnul)

Tubankab - Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tuban meresmikan obyek wisata baru agro wisata Gunung Purung di Desa Sidomulyo, Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban, Jumat (29/12).

Kegiatan tersebut sekaligus pengukuhan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) “Argo Purung” yang nantinya akan mengelola dan mengembangkan kawasan yang dibidik dengan spot keindahan alam dan sumber air panas.

Peresmian lokasi ditandai dengan penanaman 4.000 pohon kelengkeng dan 1.000 pohon cemara dari Mangrove Center Tuban, yang diikuti sedikitnya 300 peserta meliputi jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Jatirogo, pemerintah desa, karang taruna, pramuka dan dihadiri Kepala Disparbudpora dan Dinas Lingkungan Hidup Tuban.

Drs. Sulistyadi, MM, saat meresmikan agro wisata Gunung Purung menyampaikan, saat ini di Kabupaten Tuban sudah ada sekitar 61 Pokdarwis, 8 di antaranya telah bekerjasama dengan Mangrove Center Tuban untuk pengembangan.

“Pokdarwis tidak bisa lepas dari Disparbudpora, sebab keberadaannya sebagai pengganti Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dan untuk pengembangan pariwisata cukup Pokdarwis yang bisa diberikan bantuan secara hibah,” ucap mantan Asisten Administrasi Umum Setda Tuban ini.

Ia berharap, setelah Pokdarwis Agro Purung dikukuhkan bisa mengembangkan potensi obyek wisata yang ada dengan jelas, artinya ada titik fokus obyek wisata apa saja yang akan dikembangkan dengan perencanaan yang matang.

M.Nawawi selaku Camat Jatirogo menambahkan, pihaknya sangat mendukung pengembangan kawasan Gunung Purung menjadi obyek wisata, sehingga Kecamatan Jatirogo punya ikon pariwisata yang bisa dilirik wisatawan dan bisa meningkatkan taraf ekonomi masyarakat sekitar.(chusnul huda/hei)