Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati
04 Januari 2018, 14:09 WIB
Foto : Bupati Tuban H. Fatchul Huda (tengah) saat meninjau kondisi ruas jalan di Kecamatan Semanding. (humas)

Tubankab - Mengawali tahun baru 2018, Bupati Tuban H. Fathul Huda menggelar inspeksi mendadak (sidak) di beberapa kecamatan. Sidak tersebut dilakukan karena bupati ingin mengetahui kondisi ruas jalan.   

Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Tuban Rohman Ubaid, yang mendampingi bupati saat sidak, mengatakan dalam kunjungannya, bupati melakukan pengecekan terkait kondisi ruas jalan kabupaten, jalan poros kecamatan, dan jalan lingkungan.

“Awal tahun, bupati mau ngecek semua jalan. Hal ini penting, sebab sepanjang 2017, banyak ruas jalan yang diperbaiki, baik jalan kabupaten, kecamatan, maupun desa. Jadi, bupati mau meninjaunya secara pribadi, bagaimana kondisinya,” kata Rohman Ubaid kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (04/01).

Ditegaskannya, tahun 2018 perbaikan infranstruktur, terutama jalan masih menjadi fokus utama Pemkab Tuban, lantaran peningkatan ekonomi masyarakat menjadi langkah Pemkab untuk mengatasi masalah kemiskinan, dan infrastruktur berperan penting dalam hal tersebut.

“Tahun ini, fokus Pemkab adalah penuntasan kemiskinan, melalui peningkatan taraf ekonomi masyarakat. Salah satunya, melalui pemberdayaan. Dan infranstruktur juga memiliki andil dalam memudahkan mobilitas masyarakat,” terang Ubaid.

Menurut hasil sidak hari ini, terang Ubaid, 90 persen jalan yang ditinjau dalam keadaan layak. Hanya beberapa ruas jalan mengalami kerusakan yang tidak parah.

“Bupati langsung memberikan arahan kepada OPD saat itu juga, terkait temuan yang ada di lapangan. Seperti ditemukannya jalan rusak di Desa Tlogowaru, Kecamatan Merakurak, bupati langsung memberikan arahan di tempat. Untuk jalan yang berlubang, akan dianggarkan di Perubahan APBD tahun anggaran 2018”,

Dalam kunjungan pagi ini, bupati ditemani oleh Kabag Humas, Dispemas, Pemdes dan KB, camat, PMD, serta pendamping desa.

Sekadar diketahui, bupati sidak ke Kecamatan Semanding dan Kecamatan Palang Rabu (03/01) kemarin, dan berkunjung ke salah sebuah wisata Sendang Asmara di Kecamatan Semanding. Hari ini sidak diteruskan ke Kecamatan Merakurak dan Kecamatan Jenu. (nurul jamilah/hei)