Kegiatan Pemerintahan
11 Januari 2018, 09:32 WIB
Foto : Seorang petani sedang membawa bibit padi untuk ditanam. (kompas.com)

Tubankab - Semua pihak harus mendukung program Ketahanan Pangan Nasional, termasuk Pemdes di wilayah Pemkab Tuban. Sebab, Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah telah menyalurkan dana dengan jumlah besar untuk desa.

Demikian dikatakan Kepala Bidang Ketahanan Pangan pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pipin Diah Larasati saat ditemui wartawan di kantornya, Kamis (11/01).

“DD dan ADD jumlahnya hampir Rp. 1 miliar, salah satu peruntukannya adalah untuk mendukung program Kedaulatan Pangan Nasional. Oleh karena itu, mudah-mudahan di tahun ini Pemdes memberikan perhatian lebih terhadap pelaksanaan program ketahanan pangan di desanya, lewat program nyata,” kata Pipin.

Pipin menambahkan, apresiasi juga akan diberikan kepada Pemdes yang memberikan kontribusinya terhadap Ketahanan Pangan, dengan penghargaan Adikarya Pangan Nusantara (APN).

“APN adalah sebuah penghargaan yang diberikan untuk orang atau kelompok yang berkontribusi nyata dalam mendukung dan mensukseskan program ketahanan pangan di daerahnya, baik tingkat kabupaten, provinsi hingga nasional. Kepala Desa kita juga sudah ada yang dapat, salah satunya Kepala Desa Ngino, Kecamatan  Semanding,” tutur Pipin panjang lebar.

Pipin juga mengingatkan, membangun kedaulatan pangan tidak hanya urusan pemerintah, tetapi juga masyarakat serta swasta. “Kami harapkan, masyarakat mendukung, perusahaan juga, sehingga bisa maksimal,” jelas Pipin. (nurul jamilah/hei)