Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati
22 Januari 2018, 13:43 WIB
Foto : Bupati Tuban H. Fatchul Huda disambut warga saat mengunjungi kampung di Kelurahan Karang Sari, Kecamatan Tuban. (chusnul huda)

Tubankab - Sebagai bentuk rintisan kampung warna di Kabupaten Tuban, Bupati Tuban H. Fathul Huda bersama beberapa OPD mengunjungi Kelurahan Karangsari, Kecamatan Tuban, Senin (22/01).

Kelurahan Karangsari yang merupakan kampung nelayan tersebut dulunya adalah kampung kumuh, namun seiring berjalannya waktu kampung tersebut berbenah dan menjadi salah satu pilot project Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (DPRKP) Kabupaten Tuban untuk wujudkan “Kampung Sejuta Warna” yang ditopang anggaran sebesar Rp.95 juta.

Bupati Tuban, H. Fathul Huda saat mengunjungi Kelurahan Karangsari menyampaikan, kampung nelayan yang identik dengan kumuh dan sempit telah diberi stimulan untuk mengurangi anggapan tersebut.

“Ini kita beri support supaya nelayan tidak identik dengan kemiskinan, sehingga kita targetkan tahun ini Kampung Sejuta Warna bisa menjadi “Kampungku Surgaku” selesai,” harap bupati 2 periode ini.

Sementara itu, Sudarmaji, Kepala Dinas PRKP Kabupaten Tuban menambahkan, jika program ini berhasil, pihaknya berjanji akan terus mengembangkan kepada beberapa kelurahan sekitar, dengan pola swadaya masyarakat.

“Kalau ini berhasil akan kita teruskan pada Kelurahan Kingking dan Sidomulyo,” tutur mantan Kabag Kesra Setda Tuban tersebut.

Pihaknya berjanji, akan melakukan koordinasi dengan pihak kecamatan sebagai yang punya wilayah untuk melakukan penataan, demi mengurangi kawasan kumuh yang ada di kawasan perkotaan. Sehingga, harapannya bisa mengurangi perkampungan kumuh.

Berdasarkan data dari Kelurahan Karangsari, program “Kampung Sejuta Warna” menyasar 93 kepala keluarga (KK), 95 bangunan, dan 75 rumah, dengan anggaran Rp.95 juta untuk alokasi cat, yang saat ini telah mencapai proses 60 persen dikerjakan oleh warga secara swadaya. (chusnul huda/hei)