Berita Umum
05 Februari 2018, 21:39 WIB
Foto : Ketua KPUD Tuban Kasmuri. (nurul jamilah)

Tubankab - Pemutakhiran data pemilih atau tahapan pencocokan dan penelitian data pemilih (Coklit) oleh tim panitia pemutakhiran data pemilih (PPDP) KPUD Tuban telah terealisasi sebanyak 55 persen.

Ketua KPUD Tuban Kasmuri dalam program ‘Monday Talk’ di Radio Pradya Suara, Senin (05/02) mengatakan, di sepuluh hari pertama yang dilaksanakan pada 20 hingga 31 Januari, dari target 30 persen yang dipasang oleh KPUD, telah terlampaui menjadi 55 persen. “Sepuluh hari pertama, kami sudah melebihi target. Ini tak lepas dari kerja cepat yang dilakukan oleh  PPDP yang datang secara “door to door” ke rumah-rumah warga,” kata Kasmuri.

Dalam pelaksanaannya, KPU menerjunkan  2006 PPDP yang disebar ke 2006 titik Tempat Pemungutan Suara (TPS). “ PPDP kami berjumlah 2006,  dengan sasaran 2006 TPS, jadi satu TPS satu orang PPDP. Jangkauannya, untuk satu orang PPDP dapat mengunjungi lima rumah sekaligus dalam sehari,” terang Kasmuri.

Sementara itu untuk sepuluh hari kedua, KPU Tuban menargetkan Coklit dapat terealisasi hingga 70 persen. Untuk dapat merealisasikannya, KPU telah bekerjasama dengan Pemdes setempat. “Kami telah melakukan kerjasama dengan Pemdes, setiap tahapan akan melibatkan lingkup hingga tingkat RT dan RW. Itu semua agar data yang dihasilkan benar-benar valid,” jelas Kasmuri.

Diketahui, Coklit dilaksanakan mulai 20 Januari hingga 18 Februari. KPUD optimis, Coklit dapat diselesaikan hingga batas waktu yang ditentukan. (nurul jamilah/hei)