Kegiatan Pemerintahan
08 Februari 2018, 20:44 WIB
Foto : Puluhan PNS di lingkup Dinsos P3A sedang mengikuti tes urine. (restu)

Tubankab - Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tuban menggelar tes urine terhadap pegawai di lingkungan Pemkab Tuban, Kamis (08/02). Upaya ini ditempuh guna mengantisipasi penyalahgunaan dan peredaran narkoba dan obat-obatan terlarang lainnya.

Kali ini, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) dan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) yang menjadi sasaran satuan Pelaksana Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (Satlak P4GN).

Kasubbag Umum dan Kepegawaian Dinsos Kabupaten Tuban, Herawati, S.Sos, berterima kasih pada pihak Kesbangpol karena telah menfasilitasi kegiatan yang dilaksanakan selepas apel pagi yang diikuti sekitar 36 pegawai Dinsos.

“Tes urine ini menjadikan bukti komitmen pegawai sebagai aparatur sipil negara yang baik, apakah PNS atau non PNS ada yang terlibat NAPZA atau tidak dari program lanjutan “Gerakan Aksi Bersih Narkoba dan Penyalahgunaan Obat Terlarang Kabupaten Tuban tahun 2017” lalu,” kata Herawati.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kepala Dinas Diskoperindag, Drs. Agus Wijaya. Menurutnya, kalau tes urine terhadap PNS merupakan komitmen bersama selaku ASN untuk mendukung gerakan anti Narkoba yang bekerjasama dengan Kesbangpol Kabupaten Tuban dan embrio dari BNN KabupatenTuban.

“Apabila ada yang positif itu akan menjadikan koreksi diri buat kami,” tuturnya.

Untuk Diskoperindag sendiri sekitar 70 orang staf khususnya pejabat struktural yang mengikuti tes urine ini.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Kabupaten Tuban, Drs. Hari Sunarno, menuturkan bahwa kegiatan ini bukan untuk mencari-cari pengguna narkoba. Melainkan komitmen untuk memerangi narkoba di Kabupaten Tuban.

“Ini wujud nyata dari penerapan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 20 Tahun 2016 tentang Bebas Narkoba,” terang Hari Sunarno.

Diterangkan pula, tes urine ini merupakan bagian dari pembinaan ASN dan bersifat rahasia.

“Seluruh hasil dari tes ini pertama kali akan dilaporkan kepada Wakil Bupati Tuban selaku Ketua Satlak P4GN,” jelasnya.

Sebelumnya, pada akhir tahun lalu, telah dilaksanakan tes serupa pada Bupati, Wakil Bupati, jajaran Forkopimda, pimpinan OPD telah melaukan tes urine. Selain itu, tes tersebut juga telah dilaksanakan pada Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban, Kodim dan BPBD. Untuk hari ini hasilnya masih menunggu. (restu/hei)

Sumber : Media Center