Kegiatan Pemerintahan
14 Februari 2018, 15:58 WIB
Foto : Para pelajar SMAN 5 Tuban ikuti kegiatan wisata arsip di gedung Warasmas Tuban. (nurul jamilah)

Tubankab - Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) Kabupaten Tuban melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tuban melaksanakan Wisata Arsip Anak Sekolah dan Masyarakat di Gedung Warasmas Tuban, Rabu (14/02).

Kegiatan tersebut diikuti oleh 40 siswa-siswi SMAN 5 Tuban, bersama dengan pembina sekolah.

Kepala Bidang Kearsipan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tuban Suhartatik ketika dikonfirmasi mengatakan, Warasmas kali ini merupakan yang ke-13, sejak program Warasmas diluncurkan secara resmi pertengahan 2017 lalu. “Ini menjadi yang ke-13 kalinya Warasmas digelar, dan masih akan terus diselenggarakan hingga tahun- tahun berikutnya,” terang Suhartatik.

Dengan kegiatan tersebut, diharapkan seluruh komponen masyarakat baik tua maupun muda, mulai menganggap arsip memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan peradaban. Arsip merupakan rangkaian perjalanan panjang peradaban di dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan serta kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, Warasmas hadir sebagai inovasi unggulan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

“Warasmas menjadi inovasi unggulan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tuban dalam meningkatkan minat dan atensi masyarakat, utamanya generasi muda sebagai penerima tongkat estafet kearsipan,” jelas Suhartatik kepada reporter tubankab.

Diharapkannya, apa yang telah dipeloreh siswa-siswi tentang kearsipan, dapat dipraktekkan di rumah masing- masing. “Mudah-mudahan dengan adanya ini, anak-anak langsung mempraktekannya di rumah, seperti mulai menyimpan berkas-berkas penting keluarga dan mengatur kearsipannya di lemari,” tandasnya.

Dalam setiap kegiatan Warasmas, siswa-siswi akan diajak berkeliling gedung arsip, dan dijelaskan bagaimana para petugas menginventarisasi berbagai arsip, serta pentingnya arsip bagi sebuah negara. Para siswa pun juga diberi kesempatan untuk bertanya masalah kearsipan. (nurul jamilah/hei)