PESONA PARIWISATA KABUPATEN TUBAN

Masjid Ponpes Goa Perut Bumi

Masjid Aschabul Kahfi Perut Bumi Al-Maghrobi ini boleh dibilang langka dan unik. Pasalnya, Masjid dalam komplek Ponpes Syekh Maulana Mahgrobi yang ada di Dusun Wire, Kel. Gedongombo, Kec. Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur ini memanfaatkan Lorong Goa alias perut bumi sebagai baitullah dan sekaligus transfer ‘wahyu’. Terbukti daya tarik dari masjid ini banyak pezirah dari berbagai kota di pulau Jawa ini.

Masjid dalam goa ini memiliki pesona yang eksotis. Terdapat segala macam stalagtit dan stalagmit yang sudah mengering dan menjadi batuan kapur. Tak lagi meneteskan air. Begitu masuk pintu utama goa (dari arah barat), dalam jarak sekitar 7 meter terdapat lorong luas yang tembus cahaya karena terdapat lobang.

Pintu bagian barat, merupakan pintu masuk ruang istighosah. Sedangkan pintu bagian timur yang dihimpit bebatuan merupan pintu masuk ruang pertemuan. Lorong yang panjang ini sekaligius menghubungkan dengan masjid yang eksotis yang dinamai masjid Aschabul Kahfi merujuk pada kisah dalam surat Al Kahfi. Ruangan besar seperti aual yang sekarang difungsikan sebagai masjid ini, konon dulunya adalah goa Putri sendangharjo. Sedangkan tempat istighosah dalam gua perut bumi ini dulunya adalah Goa Singojoyo tempat semedi para tokoh islam sebelum Wali songo. Hampir tiap malam jum’at tempat ini ramai didatangi peziarah yang melakukan istighosah disini.


DAYA TARIK WISATA KABUPATEN TUBAN