H. Fathul Huda
Bupati Tuban
Ir. H. Noor Nahar Husein
Wakil Bupati Tuban
Home » Berita » DEKLARASI PILKADES DAMAI

DEKLARASI PILKADES DAMAI

by Humas on 9th-July-2013

Ikrar Calon Kades

Pemilihan desa yang awalnya lancar berubah menjadi kacau ketika memasuki proses penghitungan suara, kekisruhan terjadi ketika adanya ketidakpuasan pendukung dari salah satu calon terhadap ketidaktegasan panitia pada saat membacakan surat suara sah. Suasana semakin panas ketika salah satu pendukung memasuki tempat pemungutan suara sehingga proses penghitungan suara dihentikan. Segera dengan sigap datanglah perwakilan Muspika sebagai mediator dan mengawasi jalannya penghitungan suara sampai selesai, sehingga proses pemungutan suara bisa berjalan lancar. Kejadian di atas merupakan simulasi penanganan salah satu kasus yang mungkin terjadi ketika pilkades, simulasi ini ditampilkan dalam acara Deklarasi Pilkades Damai di halaman Kantor Kecamatan Jenu pada hari minggu tanggal 7 Juli 2013.

Kegiatan yang menghadirkan Semua Calon Kades, Panitia Pemilihan, BPD dan Linmas ini dihadiri Kepala Bappemas Pemdes dan KB. Drs. Achmad Amin Sutoyo, Kepala Bagian Humas dan Media, Drs. Sulistyadi, MM, Camat Jenu Drs. Kasmoeri, M.Si dan Tokoh Masyarakat Kecamatan Jenu. Dalam Laporannya, Camat Jenu menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menghindari kesenjangan dalam pemahaman aturan yang telah disusun dalam Buku Pedoman Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa, sehingga diharapkan dalam pelaksanaannya dapat dihindari kerawanan-kerawanan yang akan mengakibatkan tidak suksesnya Pilkades,  dengan berkomitmen damai yang disaksikan bersama-sama, semua calon diharap memiliki jiwa sportifitas yang tinggi sehingga kedamaian yang di harapkan bisa benar-benar tercapai.

Tanda tangan bersama

Sementara itu Kepala Bappemas, Pemdes dan KB yang membacakan sambutan Tertulis dari Bupati Tuban, H. Fathul Huda mengungkapkan bahwa Deklarasi Pilkades Damai ini merupakan Kegiatan positif yang harus didukung semua pihak. Sebagaimana diketahui bahwa kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat sangat mendukung terselenggaranya Pilkades yang Langsung, umum, bebas dan rahasia serta dalam situasi yang aman, tertib dan lancar. Namun demikian kondisi tersebut tidaklah serta merta dapat terwujud tanpa dukungan dan partisipasi aktif seluruh komponen yang terlibat dalam Pilkades itu sendiri.

  pelepasan balon

Untuk semua Komponen yang ada terutama Calon Kades, dengan berikrar bersama maka hendaknya bisa diresapi bersama sehingga tidak hanya didengar oleh telinga tapi juga didengar oleh hati nurani, dengan didengar oleh hati nurani akan mampu memberikan kesejukan,kenyamanan dan pengayoman sehingga akan tercipta kondisi Pilkades yang aman, tertib dan lancar untuk melahirkan pemimpin desa yang profesional dan dapat menjadikan Desanya menjadi desa yang semakin baik dan sejahtera.

Selain ditampilkan Simulasi, secara simbolis Ikrar Pilkades damai ini ditandai dengan pelepasan Balon Bersama oleh Camat, Kapolsek, Danramil, perwakilan Calon Kades, Panitia Pemilihan, BPD dan Linmas serta di tandatangani secara bersama Ikrar yang tertulis di banner besar yang ada di halaman Kantor Kecamatan Jenu sebagai tanda bahwa semua Calon Kades siap menjaga Kondusifitas Pilkades di daerahnya masing-masing.   Kdg.

Category: Berita, Event.

Comments are closed