KULINER DOMESTIK KHAS TUBAN

Secara Nasional, nama dan jenis makanan di Nusantara pada dasarnya tidak terlalu berbeda antar satu daerah dengan daerah lainnya. Namun pembedanya tentu saja, akibat latar belakang alam, situasi kondisi kultural, dan karakter masyarakat yang berbeda. Di Tuban yang termasuk daerah pantai, dimana produk ikan laut cukup mudah didapatkan, maka seafood merupakan pilihan. Makanan, minuman dan buah-buahan khas Tuban,antara lain :

  • Masakan

    • Masakan : garang asem ikan laut, becek menthok, kare rajungan, pepes pindang, pepes belut, sate menthok, sayur kluwak, sayur asem klenthang, sayur lodeh terong, sayur bening katu dan kelor.
    • Kudapan : kripik ikan laut, kripik gayam, kripik talas, dumbek, serabeh, gemblong, gathot menyok, thiwul ayu, lepet jagung, puding siwalan.
  • Minuman

    Angsle, wedang sere, wedang gembloh, beras kencur, dawet geplak ayu, kunyit asem, es legen, dawet siwalan, sari sere jahe, es kelapa muda.

  • Buah-buahan

    Buah-buahan yang menjadi ciri khas (ikon) Tuban adalah Kawista, Siwalan Duku Prunggahan dan Blimbing Tasikmadu.

    • Kawista

      Kawista (Lemonia Acidissima Linn) banyak dijumpai di Kecamatan Bancar yangditanam secara tradisional di pekarangan rumah. Manfaat tanaman kawista antara lain: daging buah segarnya dapay dimakan dengan mencampur gula atau sirup dan es krim, duri dan kulit batang digunakan untuk pengobatan, sedangkan kayunya dimanfaatkan untuk bangunan rumah dan peralatan pertanian.

    • Siwalan

      Pohon ini banyak tumbuh di sepanjang pesisir Tuban. Produksi buah siwalan di Tuban yang cukup melimpah sehingga selain untuk memenuhi pasar lokal buah siwalan Tuban ini banyak didistribusikan ke berbagai kota di Pulau Jawa. Produksi siwalan tahun 2103 adalah 6.333.194 Kg, lebih banyak dibandingkan tahun 2012 yang mencapai 5.761.161 Kg. Sentral Penghasil buah Siwalan berada di Kecamatan Semanding.

    • Duku Prunggahan

      Duku Prunggahan (lancium domesticum) merupakan varietas duku asli Kabupaten Tuban yang telah mendapatkan sertifikat Hak Paten dari Departemen Pertanian dengan SK Nomor : 171/KPTS/SK.120/2006. Ciri khas dan keunggulan varietas lokal ini adalah daging buahnya yang tebal dan rasanya yang manis. Produksi Duku di Kabupaten Tuban dari data yang ada sebesar 7,6 ton dengan luas areal panen 267 Phn. Sentral penghasil Duku Prunggahan berada di Kecamatan Semanding. Lokasi penanaman baru Duku Prunggahan berada di Kecamatan Semanding. Lokasi penanaman baru Duku Prunggahan berada di Kecamatan Singgahan seluas 82 Ha dan Kecamatan Tuban 4 Ha. Kedua lokasi baru tersebut belum berproduksi baru berumur 3-5 tahun.

    • Belimbing Tasikmadu

      Sentra Belimbing Tasikmadu berada di kawasan Desa Tasikmadu dan Kelurahan Panyuran. Belimbing Tasikmadu telah mendapatkan sertifikat dari Departemen Pertanian Nomor : 314/KPTS/SR.120/5/2007. Pengembangan varietas lokal ini mampu memproduksi buah belimbing secara optimal dengan kualitas yang mampu bersaing dengan pangsa pasar buah. Saat ini Desa Tasikmadu telah mampu menjadi setra produksi buah Belimbing Tasikmadu yang pemasarannya sudah mampu menjangkau Jawa Timur. Pemasaran Belimbing Tasikmadu saat ini untuk memenuhi permintaan konsumen lokal maupun untuk memenuhi pasar swalayan di kota-kota besar. Produksi Belimbing Tasikmadu dari data yang ada mencapai 1.624,5 ton dengan luas areal panen 18.499 pohon.

comments powered by Disqus