Sektor Unggulan Pertanian

LAHAN

Kabupaten Tuban memiliki area pertanian 162.383 ha. Dari luasan itu terdiri dari lahan sawah seluas lebih 56.391 ha dan lahan bukan sawah 105.922 ha. Areal Pertanian di atas mencapai 88.3% dari luas wilayah administrasi Kabupaten Tuban, yang seluas 183.994 ha.

PADI

Tuban adalah kabupaten Swasembada Pangan Penyanggah Pangan Provinsi Jawa Timur dan sebagai salag satu Kabupaten Lumbung Pangan Nasional. Sektor Pertanian merupakan prioritas pembangunan Kabupaten Tuban serta memberi andil besar bagi penyerapan tenaga kerja. 

JAGUNG 

Tuban Kabupaten Lumbung Jagung di Jawa Timur. Bahkan peringkat pertama sehingga menjadikan Kabupaten Tuban sebagai penghasil Jagung terbesar di Jawa Timur. Secara Nasional, Kabupaten Tuban dipilih menjadi salah satu dari tiga daerah pusat pengembangan bibit jagung hibrida. Dua wilayah lain, salah satu Kabupaten di Provinsi Kalimantan dan Sumatera. Kabupaten Tuban diharapkan menjadi sentra bibit jagung hibrida. Panen Perdana dikirim ke Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB). 

HOLTIKULTURA 

Selain padi dan Jagung, menguatkan potensi Kacang Tanag, Kedelai, Ubi Kayu, Ubi Jalar dan Kacang Hijau. Bahkan, Kacang Tanah merupakan produk Unggulan Kabupaten Tuban. Tanaman Holtikultura (sayur dan buah) yang dibudidayakan, antara lain cabe, bawang merah, melon, dan lengkeng. Jenis tanaman Perkebunan yang dikembangkan, tebu dan tembakau. 

Sumber : Selayang Pandang Kabupaten Tuban Tahun 2020

comments powered by Disqus