DEMI TINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN, RSUD SESUAIKAN TARIF
- 24 May 2016 21:32
- Heri S
- Kegiatan Pemerintahan,
- 1579
Tubankab – Guna meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. R Koesma Tuban, mulai melaksanakan sosialisasi tarif baru kepada masyarakat. Tarif baru tersebut mulai akan diberlakukan sejak 1 Juni 2016.
Penggunaan tarif baru ini menyusul adanya beberapa fasilitas baru guna menunjang pelayanan kesehatan yang terbaik kepada pasien dan masyarakat Kabupaten Tuban, di antaranya Graha Aryo Tejo, gedung berlantai 5 yang sudah diresmikan Bupati Tuban, awal Mei ini.
RSUD yang memiliki lebih dari 650 pegawai ini menaikkan tarifnya secara variatif, disesuaikan dengan tingkat pelayanan dan fasilitas yang ada. Untuk kelas III diatur sesuai dengan amanat Perda Tuban No.10 Tahun 2016, Tentang Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan dan Retribusi. Untuk tarif kelas I dan kelas II diatur dengan Peraturan Bupati (Perbup), sedangkan tarif kelas utama, VIP dan VVIP diatur dengan Peraturan Direktur.
Dr. H. Zainul Arifin, Sp, SK Direktur RSUD dr. R Koesma Tuban, mengatakan, penggunaan tarif baru ini untuk semua pasien, mulai dari pasien rawat jalan, rawat inap, IGD atau meninggal. Hal ini, lanjut Zainul, tidak lepas dari keinginan manajemen RSUD untuk bisa mandiri dan tidak bergantung pada APBD. “Sebab, RSUD kita ini sudah 5 tahun masih menggunakan tarif lama dan lebih murah dibandingkan dengan rumah sakit umum yang ada di daerah lain,’’ terang Zainul usai memberikan sosialisasi di lantai 2 ruang pertemuan RSUD Tuban, Selasa (24/05).
Lebih lanjut dr. Zainul menyampaikan, tujuan dari tarif baru ini di antaranya agar terselenggaranya mutu kesehatan, meningkatnya kapasitas dan potensi RSUD, terlaksananya program dan operasional, serta terwujudnya peran serta masyarakat dalam pembiayaan pelayanan kesehatan. “Masyarakat pun bisa menghubungi kami lewat SMS saran dan masukan, melalui nomor 085338566001,’’ pungkasnya. (nul/hei)