Disdukcapil Gelar Forum Konsultasi Publik 2025, Bahas Hal Ini
- 06 November 2025 14:23
- Yolency
- Kegiatan Pemerintahan,
- 18
Tubankab – Guna meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan yang lebih cepat, tanggap, dan berorientasi pada kebutuhan masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tuban menggelar Forum Konsultasi Publik (FKP) Tahun 2025.
Kegiatan yang berlangsung di Ruang Rapat Lantai 3 Dinas Penanaman Modal dan PTSP Tuban, Kamis (6/11) ini menghadirkan berbagai unsur seperti akademisi, tokoh masyarakat, organisasi masyarakat, media, hingga perwakilan DPRD Kabupaten Tuban.
Pada kesempatan tersebut, Kepala Disdukcapil Tuban, Agung Triwibowo, SE., MM., membuka kegiatan dengan sambutan normatif yang menegaskan pentingnya FKP sebagai sarana refleksi dan perbaikan berkelanjutan atas layanan publik. Menurutnya, forum ini menjadi momentum untuk menilai kesesuaian pelaksanaan, dan hasil pelayanan agar semakin efektif dan sesuai kebutuhan masyarakat.
“Kami ingin seluruh masukan dari peserta FKP ini menjadi dasar evaluasi untuk peningkatan layanan administrasi kependudukan di Tuban,” ujarnya.
Selanjutnya, Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Tuban, Fahmi Fikroni, S.H., turut memberikan pandangan terkait pentingnya inovasi dan adaptasi dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Ia menegaskan bahwa Disdukcapil harus terus memberikan pelayanan yang prima, cepat, tanggap, dan profesional.
“Pelayanan publik harus terus berkembang mengikuti kebutuhan masyarakat. Karena pada dasarnya, kita semua adalah pelayan masyarakat,” ungkapnya.
Lebih lanjut, Fahmi berharap kegiatan FKP dapat terus dilaksanakan secara rutin dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan. Menurutnya, sinergi antara pemerintah daerah, DPRD, dan masyarakat merupakan kunci agar penyelenggaraan pelayanan publik di Kabupaten Tuban berjalan semakin baik dan akuntabel.
Dengan demikian, melalui pelaksanaan FKP 2025 ini, Disdukcapil Tuban menegaskan komitmennya untuk memperkuat transparansi dan partisipasi masyarakat dalam evaluasi layanan. Harapannya, mutu pelayanan administrasi kependudukan di Bumi Wali akan terus meningkat seiring perkembangan waktu dan tuntutan masyarakat. (yavid rp/hei)










