Diskominfo Jatim Gelar Cerdas Digital, Bahas Peran Medsos Pemerintah sebagai Kanal Layanan Publik
- 05 August 2025 14:33
- Yolency
- Kegiatan Pemerintahan,
- 48
Tubankab — Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan Cerdas Digital (Cerdig) dengan tema Optimalisasi Peran Media Sosial Pemerintah sebagai Kanal Layanan dan Edukasi Publik di Malang Creative Center (MCC), Kota Malang, Selasa(05/08).
Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kominfo Jawa Timur, Sherlita Ratna Dewi Agustin. Dalam sambutannya, ia mengungkapkan bahwa saat ini sebanyak 82 persen masyarakat Jawa Timur telah menggunakan internet. Di era media sosial yang serba cepat, menurutnya kecepatan dalam menyampaikan informasi oleh pemerintah menjadi tuntutan, namun akurasi dan kebenaran tetap menjadi syarat utama agar informasi tersebut dapat dipercaya publik.
“Dalam mengelola media sosial pemerintah, pengelola harus bisa cepat menyampaikan informasi, khususnya kegiatan-kegiatan pemerintah, agar tidak basi. Namun informasinya juga harus akurat dan benar, sehingga bisa dipercaya oleh masyarakat,” tegas Sherlita.
Kegiatan ini menghadirkan sejumlah narasumber dari kalangan profesional di bidang komunikasi digital. Chief Content Officer (CCO) KapanLagi Youniverse (KLY), Wenseslaus Manggut, menekankan pentingnya mengembalikan fungsi sosial media sosial yang kini kerap kehilangan kedekatan dengan audiens. Menurutnya, media sosial pemerintah harus bisa bercerita dan membangun kedekatan emosional dengan masyarakat. “Kembalikan fungsi sosial itu. Kembalikan kedekatan, kembalikan personalisasi. Di situlah kekuatan kanal digital pemerintah,” ujarnya.
Sementara itu, praktisi branding dan komunikasi publik, Dadik Wahyu Chang, memaparkan pentingnya membangun brand personality pada kanal media sosial pemerintah. Ia menjelaskan bahwa setiap brand, termasuk instansi publik, perlu melalui tiga fase utama, yaitu identifikasi, aktivasi, dan evaluasi. Selain itu, penguatan citra dapat dilakukan dengan memahami karakter brand seperti sincerity, competence, excitement, hingga sophistication, sesuai dengan nilai dan tujuan instansi.
Kegiatan Cerdas Digital ini diikuti oleh para admin media sosial dari perangkat daerah, kabupaten/kota se-Jawa Timur, serta perwakilan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dan Influencer dari Kota Malang. Dari Kabupaten Tuban, Dinas Komunikasi dan Informatika turut hadir melalui Penata Layanan Operasional sebagai perwakilan peserta.
Melalui kegiatan ini, Diskominfo Jatim berharap media sosial instansi pemerintah di Jawa Timur dapat semakin optimal sebagai sarana layanan publik yang informatif, terpercaya, dan membangun kedekatan dengan masyarakat. (dadang bs/hei)