DISKOMINFO SOSIALISASIKAN APLIKASI SEPASI KE BAGIAN UMUM

Tubankab - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tuban mensosialisasikan Aplikasi Sistem Elektronik Pengelolaan Arsip Surat Internal (SEPASI) ke Bagian Umum Sekretariat Daerah (Setda) Tuban di ruang rapat Sekda lantai 1, Kamis (11/04).

Kepala Bagian (Kabag) Umum Setda Tuban Yudi Irwanto dalam sambutannya mengatakan alasan terkait apa yang dibutuhkan oleh Bagian Umum ternyata cocok dengan aplikasi yang sudah dibuat oleh Diskominfo. “Kebutuhan kami sementara sederhana seperti terkait surat masuk, surat keluar, agenda bupati, termasuk disposisi bupati,” ucap Yudi.

Ia menambahkan aplikasi SEPASI tersebut diharapkan nantinya bisa digunakan oleh Bagian Umum dan mempunyai organisasi secara struktural serta payung hukum yang kuat. “Sehingga nanti saya harap diterbitkan perbupnya juga, dengan tujuan yang diinovasikan oleh Diskominfo dan Bagian Umum ini nanti kuat dan tidak menyalahi aturan,” terang Yudi.

Ia juga berharap nantinya agar semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Tuban menggunakan SEPASI. “Syukur-syukur kalau inovasi itu nanti bisa dikembangkan ke semua OPD,” tutup Yudi.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan dan Pengembangan Teknologi Informasi pada Diskominfo Tuban Agus Heru P, SP., dalam sambutannya mengatakan bahwa Kabupaten Tuban saat ini masuk dalam 100 smart city dari seluruh kabupaten yang ada di Indonesia.

“Kemarin saat terakhir assessment itu yang kami jual adalah SEPASI ini, kita sedang menuju surat menyurat secara elektronik tanpa menggunakan kertas,” terang Agus.

Ia juga mempersilakan Bagian Umum nantinya untuk mengelola aplikasi SEPASI ini, karena memang yang punya wewenang surat menyurat di pusat adalah Bagian Umum.

Agus menambahkan bahwa pengembangan rencana SEPASI ini juga akan digunakan sampai tingkat desa. “Jadi ruang lingkup SEPASI ini tidak hanya di OPD Kabupaten Tuban, tetapi juga sampai ke desa-desa,” pungkas Agus. (tauviqurrahman/hei).

comments powered by Disqus