Foto : Bapperida saat gelar FKP lintas sektor. (yavid)

Gelar FKP Lintas Sektor, Bapperida Kupas Empat Layanan Kunci Inovasi dan Riset Daerah, Apa Saja ?

Tubankab – Guna menyusun Standar Pelayanan Publik yang lebih tajam, Bapperida Tuban menggelar Forum Konsultasi Publik di Ruang Rapat Pangeran Anom. Forum ini mempertemukan perangkat daerah, akademisi, media, komunitas kreatif, hingga para inovator yang selama ini terlibat dalam ekosistem riset dan inovasi daerah.

Sekretaris Bapperida Tuban, Danang Tri Nohandono, menyampaikan bahwa FKP menjadi ruang untuk menghimpun masukan sebelum standar layanan ditetapkan. “Kami ingin setiap program di Bapperida dapat berjalan lebih jelas dan terukur. Terlaksananya forum ini membantu kami memastikan Tubernova, Tuban Tekno, Ruang Kekayaan Intelektual, dan Siseva benar-benar menjawab kebutuhan pengguna,” ujarnya, Rabu (19/11).

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Riset dan Inovasi Daerah Bapperida Tuban, Alek Mashadi, memaparkan empat layanan utama yang menjadi fokus forum. Ia menjelaskan bahwa Tubernova Award mendorong lahirnya inovator sekaligus membangun ekosistem inovasi di Tuban.

Selanjutnya, Tuban Tekno berfungsi sebagai inkubasi inovasi melalui pendampingan dan kelas pembelajaran bagi para inovator. Ia menambahkan bahwa Bapperida juga menyediakan fasilitasi Kekayaan Intelektual untuk melindungi karya inovator, serta mengembangkan aplikasi Siseva sebagai sistem data riset dan inovasi.

“Empat layanan ini saling terhubung. Karenanya, kami ingin memperkuat iklim inovasi daerah melalui proses yang terukur dan berbasis data,” ujar Alek.

Dalam forum tersebut, peserta menyampaikan saran terkait kejelasan prosedur, efektivitas alur layanan, serta integrasi teknologi. Masukan juga mencakup dukungan terhadap inovator daerah melalui fasilitas KI dan pengembangan layanan digital melalui Tuban Tekno.

Untuk itu, Bapperida menilai partisipasi lintas sektor penting untuk menghasilkan standar layanan yang mudah diakses dan relevan. Seluruh masukan dari forum akan digunakan untuk finalisasi standar pelayanan. Hasil FKP menjadi acuan peningkatan mutu layanan publik dan mendukung agenda pembangunan daerah. (yavid rp/hei)

comments powered by Disqus