MPP Tuban Raih Penghargaan dari KemenPANRB RI Sebagai Penyelenggara Mal Pelayanan Publik Prima
- 10 March 2025 16:39
- Heri S
- Kegiatan Pemerintahan,
- 37
Tubankab – Pemkab Tuban berkomitmen terus meningkatkan pelayanan publik bagi masyarakat Kabupaten Tuban. Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Tuban sebagai induk pelayanan mengembangkan inovasi dan meningkatkan kompetensi pegawai untuk memberikan pelayanan terbaik.
Ikhtiar yang ditempuh mengantarkan MPP Kabupaten Tuban berhasil meraih sebagai Pemerintah Daerah Penyelenggara Mal Pelayanan Publik Kategori Prima dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) RI. Predikat sebagai Penyelenggara Mal Pelayanan Publik Prima 2024 berdasarkan Kepmen PANRB No. 661/2024 tentang Hasil Evaluasi Penyelenggaraan MPP Tahun 2024.
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Tuban, Endah Nurul Kumarijati, ST. S.K.M., M.Kes., menjelaskan penghargaan tersebut menjadi capaian atas pelayanan publik di Kabupaten Tuban. Selain itu, menjadi motivasi untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.
Lebih lanjut, penghargaan tersebut diperoleh melalui proses evaluasi kinerja MPP tahun 2024 yang diselenggarakan oleh KemenPANRB RI. Terdapat sejumlah indikator yang dinilai, di antaranya anggaran dan sumber dana pengelolaan MPP, kelengkapan informasi jenis pelayanan terkait pelayanan di MPP, pelayanan online (selain OSS), jumlah permohonan layanan di MPP Digital Nasional dan yang terselesaikan, kelengkapan sarana prasarana di MPP, layanan pengaduan (call center, whatsapp, CS, kotak saran), prosedur dan mekanisme/alur pelayanan yang diatur oleh pengelola MPP serta dokumen rencana pengembangan MPP.
Endah Nurul menyatakan Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, SE., memberi memberikan dukungan penuh terhadap upaya peningkatan layanan di MPP. Sejak awal, Bupati Tuban hadir secara langsung untuk memastikan kebutuhan anggaran operasional dan pemeliharaan MPP terpenuhi.
“Hasilnya, kini MPP Tuban telah dilengkapi dengan pagar keliling dan akses jalan masuk yang lebih baik, tidak hanya memudahkan akses layanan tetapi juga dimanfaatkan masyarakat untuk kegiatan olahraga seperti berjalan kaki dan berlari,” jelasnya, Senin (10/03).
Selain peningkatan infrastruktur, Bupati Tuban juga menaruh perhatian pada peningkatan kualitas layanan, termasuk kesiapan petugas dalam memberikan layanan terbaik bagi masyarakat. Dengan berbagai dukungan tersebut, diharapkan MPP Tuban semakin optimal dalam memberikan layanan publik yang berkualitas dan mudah diakses oleh seluruh masyarakat.
Sejalan dengan arahan Bupati Tuban, lanjut Endah, MPP Tuban akan memperluas jaringan pelayanan publik masyarakat dengan menambah kerja sama dengan OPD, instansi vertikal, swasta pemberi layanan publik. “Terbaru kami mengajak bergabung Kantor Pos Tuban,” tambahnya.
Dalam rangka meningkatkan aksesibilitas layanan, MPP Tuban akan memperluas layanan online atau jarak jauh melalui pemanfaatan digitalisasi.
Di samping itu, upaya pemeliharaan dan peningkatan fasilitas pelayanan publik terus dilakukan agar masyarakat semakin nyaman dalam mengakses layanan di MPP Tuban. Petugas pelayanan di MPP Tuban juga akan terus mendapatkan berbagai pelatihan guna meningkatkan kompetensi dan profesionalisme dalam melayani masyarakat. ( m agus h/hei )