Foto : Petugas PMI Tuban saat melayani pendonor darah. (nahrus)

PMI Tuban Persiapkan Stok Darah Selama Ramadan

  • 12 April 2021 16:11
  • Heri S
  • Umum,
  • 62

Tubankab - Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) Kabupaten Tuban telah mempersiapkan kegiatan untuk mencukupi kebutuhan darah di Kantor PMI Tuban selama Ramadan.

Kegiatan tersebut bahkan sudah dimulai sejak 2 pekan sebelum jelang puasa, dengan memanfaatkan mobil unit yang siap beroperasi di luar kantor.

Selama dua pekan terakhir juga sudah banyak kegiatan yang dilakukan, mulai dari donor di Kecamatan Bangilan pada Minggu, 04 April 2021, Puskesmas Bancar, 7 April 2021, RSNU Tuban, 9 April 2021, dan Puskesmas Kerek, 12 April 2021.

Sudah menjadi kebiasaan di UDD PMI Tuban, setiap jelang puasa akan bekerja sedikit lebih keras. Hal tersebut dilakukan semata-mata agar Kantor PMI Tuban tidak sampai kekurangan stok darah atau banyak permintaan yang tidak terlayani.

Selain itu, untuk memenuhi ketersediaan stok darah di UDD PMI Tuban, para petugas juga telah melakukan banyak upaya koordinasi, baik yang dilakukan melalui telepon dengan pendonor rutin yang sudah waktunya donor, atau pun melalui kegiatan promosi.

Beberapa kegiatan promosi yang sudah dirancang oleh petugas UDD PMI Tuban adalah melalui media sosial milik PMI Tuban. Di samping itu mereka juga akan kembali menghubungi beberapa masjid yang sudah sempat diajak bekerja sama sebelumnya. Sasaran yang paling bisa diandalkan selama bulan puasa salah satunya adalah jemaah di masjid, karena biasanya umat muslim sedikit enggan untuk donor ketika siang hari selama puasa, baik karena alasan fisik maupun ketakutan membatalkan puasa.

Seksi Humas dan Rekrutmen Donor UDD PMI Tuban, Sarju Efendi, saat dikonfirmasi, Senin (12/04) mengatakan, menjelang puasa PMI Tuban selalu gencar promosi lewat medsos, dan menyurati masjid-masjid yang tahun sebelumnya sudah pernah bekerja sama dengan UDD PMI Tuban untuk donor darah.

Menurut Sarju, beberapa masjid yang rencananya akan digandeng oleh UDD PMI Tuban antara lain, seperti Masjid Darussalam di Jalan Basuki Rahmat, Masjid Alfalah, Masjid Babbussalam Perbon, Masjid Sidokabul Panyuran, dan beberapa masjid lainnya.

“Sampai pada H-1 menjelang puasa Ramadan, stok darah yang ada di UDD PMI Kabupaten Tuban, sudah cukup banyak, tetapi masih belum mampu mencukupi persediaan selama sebulan,’’ terangnya.

Data di PMI menyebutkan, jumlah total darah yang ada pada Senin, 12 April 2021, sekitar 270 kantong yang terdiri dari Whole Blood (WB) atau darah lengkap merah plasma dan sel darah putih 45 kantong, Packed Red Cell (PRC) atau darah merah sebanyak 67 kantong. Sedangkan untuk ketersediaan stok darah Thrombocite (TC) yang digunakan untuk demam berdarah saat ini masih kosong, Fresh Frozen Plasma (FFP) atau plasma segar yang dibekukan ada sebanyak 61 kantong, serta stok plasma konvalesen sebanyak 97 kantong.

Sebagai kegiatan pendukung untuk memenuhi stok darah selama ramadan, UDD PMI Tuban juga akan membuat kegiatan setiap malam minggu selama Ramadan, yaitu nongkrong sambil donor di depan Kompi Senapan C-521 Tuban. Kegiatan tersebut akan dimulai sekitar pukul 16.00 sampai 21.00 WIB, dan setelah dua minggu kegiatan tersebut akan kembali dievaluasi. Jika ramai akan dilanjutkan, tetapi jika sepi akan dipindah ke Masjid Agung Tuban untuk menjaring jamaah sholat tarawih. (muchammad nahrus/hei)

Sumber : Pradya Suara

comments powered by Disqus