Pola Aduan SP4N-LAPOR dan PPID Makin Beragam, Diskominfo SP Tuban Lakukan Langkah Ini
- 09 December 2025 19:14
- Heri S
- Kegiatan Pemerintahan,
- 12
Tubankab – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) Kabupaten Tuban Arif Handoyo, S.H, M.H menegaskan bahwa penguatan kapasitas admin diperlukan karena pola aduan masyarakat semakin beragam dan menuntut respons yang lebih presisi.
Penegasan tersebut disampaikan Arif Handoyo saat membuka acara Sesi Monitoring, Evaluasi, dan Penguatan Admin SP4N-LAPOR! dan PPID di Ruang Rapat R.H. Ronggolawe Sekretariat Daerah Kabupaten Tuban, Selasa (9/12).
Pada kesempatan tersebut, Arif Handoyo juga menyampaikan bahwa penguatan kapasitas admin diperlukan untuk meningkatkan standar kerja dalam penanganan aduan dan layanan informasi publik.
“Upaya ini dilakukan untuk meningkatkan ketepatan dan konsistensi para admin dalam menjalankan tugas,’’ jelas Arif.
Ia mengungkapkan bahwa setiap admin perlu memahami alur penanganan aduan secara menyeluruh. Mulai dari pencatatan awal, penyaluran ke perangkat daerah terkait, hingga penyampaian jawaban yang sesuai konteks laporan. "Admin harus bekerja dengan alur yang jelas agar setiap aduan mendapat respons yang tepat,” ujar Arif Handoyo.
Selain penguatan aduan publik, Kadiskominfo SP itu juga menyoroti pentingnya peran PPID dalam menjaga kualitas layanan informasi publik. Ia meminta setiap perangkat daerah memperbaiki dokumentasi, menyiapkan data yang mudah diakses, dan meningkatkan kecepatan pelayanan agar tidak terjadi hambatan ketika masyarakat membutuhkan informasi.
Pertemuan ini juga dimanfaatkan untuk mengidentifikasi kendala teknis dan administratif yang masih muncul dalam pengelolaan aduan publik serta pertukaran data antarperangkat daerah. Pemerintah Kabupaten Tuban menargetkan perbaikan prosedur dan koordinasi agar sistem layanan publik berjalan lebih efisien dan dapat menjawab kebutuhan masyarakat secara lebih akurat.
"Setiap perbaikan kecil dalam prosedur akan berdampak langsung pada kualitas layanan yang diterima Masyarakat," jelasnya.
Sebagai informasi, kegiatan penguatan kapasitas admin ini turut menghadirkan narasumber Ketua Tim Layanan Informasi dan Pengaduan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Ayu Saulina Ernalita. Ia menyampaikan materi mengenai pengelolaan layanan informasi publik serta praktik pengelolaan aduan melalui sistem SP4N-LAPOR. (yavid rp/hei)










