Foto : Sejumlah anggota PWI Tuban saat berpose bareng sejumlah PWI DIY. (pwi)

PWI Tuban Studi Banding ke PWI DIY

  • 21 November 2020 15:50
  • Heri S
  • Umum,
  • 97

Tubankab - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tuban studi banding ke kantor PWI Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di Jalan Gambiran 45, Kota Yogya, Sabtu (21/11). 

Ketua PWI Tuban Pipit Wibawanto didampingi sekretaris Sriwiyono bersama puluhan anggota mendapat sambutan hangat dari pengurus harian PWI DIY. 

Ketua PWI Tuban Pipit Wibiwanto menjelaskan alasan dipilihnya tempat PWI DIY sebagai rangkaian studi banding PWI Tuban bersama rombongan, yakni adanya nilai histori daerah istimewa yang kental dengan budaya dan pemerintahan di era kemerdekaan Indonesia. Dia menyakini peran pers di masa lampau tersebut kaya akan pengalaman dan sumbangsih untuk daerah tersebut. 

"Yogya pernah jadi ibukota sementara Indonesia, kami yakin peran serta pers di sini banyak membantu kegiatan dan perjuangan kesultanan dan rakyat Yogya. Sehingga, kami PWI Tuban ngangsu kaweruh," katanya.

Sementara pihak PWI DIY, Hudono menyambut baik silaturahmi PWI Tuban, ditandai pengenalan satu per satu pengurus harian PWI DIY masa periode 2020-2025. Ia memberikan gambaran tren perkembangan di lapangan saat sekarang maraknya oknum mengakui media maupun wartawan, tanpa dibekali uji kompetensi wartawan maupun kelayakan persyaratan menjadi media sebagaimana diamanatkan UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. 

"Pekerjaan rumah pengurus kami PWI adalah memberikan sosialisasi kepada mitra untuk meminimalisir dan menolak oknum media dan wartawan abal- abal yang sering liputan," ujarnya.

Di hadapan puluhan pengurus dan anggota PWI Tuban, Hudono juga mengajak awak media untuk mengimplikasikan pemberitaan pengkuatan dalam pencegahan penyebaran Covid -19 di tiap wilayah daerah kerja. 

"Kami wajibkan seluruh anggota PWI DIY untuk memberitakan pencegahan Covid-19, seperti protokol kesehatan 3M, sebagai bentuk sumbangsih media terhadap pandemi nasional, " imbuhnya.

Hudono juga memberikan pengalaman organisasinya perihal pengembangan ekonomi lewat kerjasama antar-organisasi dengan mitra daerah yang dilaksanakan PWI DIY. 

"Kita akan berusaha profesional dengan dikuatkan sokongan pendanaan. Mudah-mudahan pemberdayaan ekonomi produktif baik jangka panjang atau pendek untuk wartawan dan organisasi PWI akan terus dikembangkan lewat jalin kerjasama." tutupnya. 

Untuk diketahui studi banding tiga hari 20-23 November 2020, PWI Tuban ke PWI DIY didukung perusahan Semen Indonesia Gresik (SIG), Pertamina EP dan Pertamina. (hei)

Sumber : PWI Tuban

comments powered by Disqus