Foto : Kegiatan rutin tahunan pendampingan penyusunan proposal inovasi pelayanan publik. (restu)

Rangsang Inovasi, Ini yang Dilakukan Pemkab

Tubankab - Bagian Organisasi Setda Kabupaten Tuban melaksanakan kegiatan rutin tahunan Pendampingan Penyusunan Proposal Inovasi Pelayanan Publik yang diikuti oleh seluruh OPD dan Kecamatan se-Kabupaten Tuban di ruang rapat lantai III Setda Tuban, Kamis (14/03).
Kegiatan yang dibuka oleh Asisten Administrasi Umum Sekda Tuban, Drs. Achmad Amin Sutoyo ini turut menghadirkan pula dua narasumber yang kompeten di bidang inovasi, yaitu Kabag Tata Laksana Biro Organisasi Provinsi Jawa Timur, Agung Putu Iskandar, SS, MSi dan dari GIZ Transformasi, Redhi Setiadi, SIP, MPA.
Dalam sambutannya, Amin Sutoyo menyampaikan pentingnya inovasi untuk terus digerakkan dalam menjawab tantangan ke depan. Dengan inovasi inilah sebagai jawaban terkait dengan permasalahan-permasalahan yang ada, baik di bidang pelaksanaan pemerintahan, pembangunan sekaligus juga tantangan ke depan untuk memenuhi tuntutan zaman.
"Kegiatan ini rutin dilaksanakan tiap tahunnya, guna merangsang seluruh OPD di Kabupaten Tuban agar terus berinovasi menjadi lebih baik," ungkapnya.
Mantan Asisten Pemerintahan ini juga mengimbau pentingnya inovasi agar tidak menjadi stagnan, tidak hanya survive untuk menunjukkan suatu keadaan menjadi lebih baik lagi. Termasuk di dalamnya terkait dengan masalah pelayanan. 
"Harapan saya, sebagai abdi negara, kita harus mampu memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung,," terangnya.
Lebih lanjut, Amin juga menyampaikan pelayanan juga termasuk tidak hanya pada publik, melainkan pelayanan juga meliputi untuk OPD, yaitu pelayanan kepada aparatur, untuk sesama aparatur, salah satu contohnya adalah di bidang kepegawaian.
Terkait hal ini, inovasi sangat diperlukan, apalagi yang digalakkan oleh pemerintah khususnya di bidang pelayanan publik. Pelayanan publik harus memenuhi standar pelayanan minimalnya dan tidak hanya itu saja, pelayanan publik juga harus menjadi prima.
Salah satu bentuk untuk menjadi prima, adalah harus berubah, berubah sesuai dengan permasalahan yang ada untuk menciptakan inovasi yang lebih baik," tegasnya.
Dalam hal pelayanan publik, inovasi sangat dibutuhkan untuk memajukan suatu daerah, maka di Bappeda Tuban membuat Lomba Inovasi Daerah setiap tahunnya, kegiatan ini untuk mendorong masyarakat agar berpatisipasi aktif dalam rangka untuk inovasi di daerah, khususnya di Kabupaten Tuban.
"Untuk Bagian Organisasi sendiri yang menangani pelayanan publik OPD dan kecamatan, agar terus mendorong pelayanan yang lebih baik guna mewujudkan visi dan misi Bapak Bupati dan Wakil Bupati Tuban," pungkasnya. (restu/hei)
Sumber : Media Center

comments powered by Disqus