Sekda : Pelayanan Harus Kedepankan Empati dan Profesionalisme
- 24 January 2025 18:57
- Heri S
- Kegiatan Pemerintahan,
- 42
Tubankab - Pemkab Tuban berkomitmen terus meningkatkan kualitas pelayanan publik. Termasuk pelayanan masyarakat di bidang kesehatan sebagai salah satu kebutuhan dasar warga.
Sebagai leading sector, Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Kabupaten Tuban menggelar rapat koordinasi peningkatan kualitas pelayanan publik, Jumat (24/01/2025) di ruang Dandang Wacana Setda Tuban.
Rapat tersebut dipimpin langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tuban, Dr. Ir. Budi Wiyana, M.Si., yang dihadiri Kepala Dinkes P2KB Kabupaten Tuban, Dra. Esti Surahmi, Apt., beserta jajaran, dan perwakilan 33 Puskesmas di Kabupaten Tuban.
Sekda Tuban, Budi Wiyana menekankan pentingnya peran tenaga kesehatan sebagai motor utama dalam pelayanan kesehatan masyarakat. Menurutnya, pelayanan yang diberikan harus mengedepankan empati dan profesionalisme. “Tenaga kesehatan hendaknya memastikan pelayanan yang diberikan tidak hanya memenuhi kebutuhan medis tetapi juga mencerminkan kepedulian kepada masyarakat,” ungkapnya.
Selain memberikan pelayanan yang baik, lanjut Sekda, tenaga kesehatan juga diharapkan dapat memberikan edukasi kepada pengunjung Puskesmas, pasien, dan keluarga pasien. Edukasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik terkait layanan kesehatan yang tersedia dan prosedur yang harus dijalani.
Dalam rapat tersebut, Sekda juga menggarisbawahi pentingnya komunikasi dua arah antara tenaga kesehatan dan masyarakat untuk menghindari kesalahpahaman yang bisa menghambat pelayanan.
Sekda menyatakan bahwa tugas utama aparatur untuk memberikan pelayanan terbaik. Sejalan dengan hal tersebut, perlu untuk bersikap terbuka menerima saran dan masukan dari masyarakat. "Hal ini penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan ke depannya,” sambungnya.
Ketua PMI Tuban ini menjelaskan forum ini merupakan bagian dari komitmen Pemkab Tuban untuk terus meningkatkan akses dan kualitas layanan kesehatan masyarakat melalui pembenahan sistem, peningkatan kompetensi tenaga kesehatan, dan optimalisasi fasilitas kesehatan. Harapannya, Puskesmas di Kabupaten Tuban dapat menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan yang prima kepada masyarakat. (m agus h/hei)