Foto : Kemenpan RB saat gelar FGD Monev Pengelolaan LAPOR!. (ist)

Tingkatkan Kualitas Layanan Publik, Diskominfo SP Tuban Ikuti FGD Monev Pengelolaan LAPOR!

Tubankab - Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfo SP) Kabupaten Tuban turut serta dalam Focus Group Discussion (FGD) Penyampaian Monitoring dan Evaluasi Pengelolaan LAPOR! yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) di Ijen Suites Resort & Convention Malang, Jumat (24/01).

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Kemenpan RB untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui pengelolaan pengaduan berbasis sistem Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!). Asisten Deputi Pemberdayaan Partisipasi Masyarakat Kemenpan RB, Insan Fahmi, S.T., M.M., secara resmi membuka acara tersebut. Dalam sambutannya, Insan Fahmi menekankan pentingnya pengelolaan pengaduan yang efektif dan terkoordinasi lintas instansi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

"LAPOR! bukan hanya sekadar platform pengaduan, tetapi juga instrumen penting untuk membangun komunikasi yang lebih baik antara pemerintah dan masyarakat serta meningkatkan akuntabilitas pelayanan publik," ujar Insan Fahmi.

Dalam acara tersebut, turut disampaikan paparan mengenai hasil Monitoring dan Evaluasi (Monev) Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) LAPOR! yang menunjukkan progres pengelolaan pengaduan di berbagai instansi. Selain itu, Ombudsman Republik Indonesia juga memberikan materi terkait peran strategisnya dalam memperkuat pengelolaan pengaduan publik dalam kerangka pengembangan pelayanan yang lebih responsif dan berkualitas.

Diskominfo SP Kabupaten Tuban diwakili oleh Admin Pengelola SP4N LAPOR! yang bertanggung jawab atas koordinasi pengelolaan pengaduan di tingkat daerah. Kehadiran ini menjadi bagian dari komitmen Kabupaten Tuban untuk mendukung pengelolaan pengaduan yang lebih transparan, efektif, dan berorientasi pada kebutuhan masyarakat.

Selain membahas hasil monitoring dan evaluasi, kegiatan ini juga memberikan ruang diskusi interaktif dan berbagi praktik terbaik dari berbagai kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah. Diskominfo SP Tuban berharap, hasil dari FGD ini dapat diterapkan untuk meningkatkan efektivitas pengelolaan LAPOR! di Kabupaten Tuban, sehingga pelayanan publik semakin baik dan masyarakat lebih terlayani. (yavid rp/hei)

comments powered by Disqus