Tingkatkan Layanan Aspirasi Publik, Diskominfo SP Tuban Gelar Bimtek SP4N-LAPOR!
- 20 October 2023 15:19
- Yolency
- Kegiatan Pemerintahan,
- 619
Tubankab - Guna memperkuat pengelolaan pengaduan masyarakat di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Tuban, Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo SP Tuban) gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!). Kegiatan ini berlangsung di Ruang Rapat Daun Lontar Mal Pelayanan Publik Tuban pada Jumat (20/10).
Kepala Diskominfo SP Tuban, melalui Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Publik, Agus Setyawan, S.E, MM, menyambut seluruh peserta undangan yang merupakan administrator SP4N-LAPOR!. Agus menjelaskan bahwa penggunaan aplikasi LAPOR! sebagai platform pengelolaan aduan masyarakat adalah bentuk implementasi dari prinsip "No Wrong Door Policy." Ini berarti bahwa seluruh pengaduan, tanpa memandang bentuk atau jenisnya, dapat disalurkan kepada pihak yang berwenang dalam pelayanan publik, dengan prinsip yang mudah, terpadu, dan tuntas.
Agus sapaan akrabnya menggarisbawahi pentingnya komitmen bersama dalam menindaklanjuti aduan masyarakat yang masuk melalui SP4N-LAPOR!. Dia berharap bahwa melalui kegiatan bimtek ini, administrator SP4N-LAPOR! di Pemkab Tuban akan mampu mengoperasikan aplikasi dengan baik dan merespons aduan masyarakat dengan cepat dan efisien. Ini akan membantu mencapai target peningkatan kecepatan dalam menangani pengaduan masyarakat.
Pada kesempatan yang sama, Pranata Humas Ahli Muda dari Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Ria Amalia, selaku pembicara dalam acara ini, menyoroti adanya peningkatan jumlah aduan yang terjadi dalam rentang tahun 2020 hingga tahun 2023.
“Meskipun ada peningkatan, jumlah ini masih belum mencapai target yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat,” tambah perempuan kelahiran 1985 ini kepada awak media.
Ria berharap bahwa komitmen bersama dari seluruh pihak yang terlibat dalam menangani pengaduan masyarakat di Pemkab Tuban akan mendorong peningkatan jumlah pengaduan yang akan dikelola. (yavid rahmat perwita/hei)