Foto : Jajaran DPC Akrindo Tuban saat gelar koordinasi dengan DPP Akrindo. (nahrus)

DPC Akrindo Tuban Akan Tingkatkan Kualitas Manajemen Koperasi

  • 11 September 2021 16:57
  • Heri S
  • Umum,
  • 150

Tubankab - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Koperasi Ritel Indonesia (Akrindo) Kabupaten Tuban, menggelar koordinasi dengan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Akrindo di Ruang Rapat Koperasi Beringin Tuban, Sabtu (11/09).

Dalam koordinasi yang juga dihadiri oleh pengelola KPR yang ada di kecamatan tersebut, membahas tentang rencana pendampingan untuk kegiatan tahun 2022 oleh DPP Akrindo.

Selain itu, juga membahas rencana tentang join buying yang akan dilakukan, peningkatan kapasitas SDM, serta tata kelola ritel dan peningkatan kualitas manajemen koperasi pada kegiatan selanjutnya.

Ketua DPC Akrindo Tuban, Achmad Ashim, saat dikonfirmasi mengatakan, kegiatan DPC Akrindo sempat vakum karena adanya Covid-19, akan tetapi tahun depan progres yang sudah direncanakan akan segera dijalankan.

“Kendala paling besar adalah minimnya dana yang dimiliki DPC Akrindo, karena tidak memiliki iuran sendiri. Berikutnya juga akan diupayakan agar ada kas yang diambil dari keuntungan sehingga tidak perlu menarik iuran dari anggota,’’ dalih Ashim.

Pihaknya, ujar Ashim, ingin menggali lebih lanjut kendala-kendala yang dialami oleh DPC Akrindo di Kabupaten Tuban. Hal tersebut dilakukan karena potensi koperasi di Bumi Wali cukup menunjukkan progres yang bagus dan bisa lebih dikembangkan, sehingga harus ada tindak lanjut, seperti pendampingan-pendampingan.

“Namun seiring dengan adanya pandemi semua sektor usaha juga ikut terdampak, dan sudah merupakan kewajiban DPP Akrindo untuk membina ritel koperasi agar tetap eksis dan bangkit di tengah pandemic,’’ ujarnya.

Wakil Ketua Umum DPP Akrindo, Anang Zunaedi, saat dikonfirmasi mengatakan, hasil dari koordinasi akan ditindak lanjuti dengan pendampingan, baik yang mengalami kendala maupun yang akan mengembangkan menjadi ritel modern maupun koperasi digital.

“Sudah menjadi tuntutan di dalam era bisnis kekinian seperti saat ini bahwa setiap koperasi harus mengikuti dinamika untuk menjadi koperasi digital,’’ terangnya. (m nahrus s/hei)

Sumber : LPPL Tuban

comments powered by Disqus