Foto : Anggota DPR RI Wihadi saat serahkan bantuan swab kit kepada pihak RS di Tuban. (chusnul)

Dua RS di Tuban Dapat Bantuan Swab Kit dan Masker Dari Anggota DPR RI

  • 12 October 2020 20:20
  • Heri S
  • Umum,
  • 58

Tubankab - Anggota DPR RI dapil IX (Tuban - Bojonegoro) Jawa Timur, Wihadi Wiyanto kembali salurkan bantuan berupa ribuan swab kit atau reagent swab dan masker untuk tenaga kesehatan dan rumah sakit swasta (RS) di Kabupaten Tuban, Senin (12/10).

Wihadi menjelaskan, bantuan swab kit dan masker di masa pandemi Covid-19 masih diperlukan, baik tenaga kesehatan dan RS. Hal ini karena sebagian masyarakat kesulitan dan mahalnya biaya swab tes.

"Bantuan swab kit dan masker medis ini bentuk keprihatinan DPR RI untuk ikut aktif menanggulangi penularan Covid-19 di daerah, di mana swab kit ini kita harapkan dapat membantu ketersedian swab,” terang Wasekjend DPP Partai Gerindra, Wihadi Wiyanto, saat berada di RS Medika Mulia Tuban.

Dia menyebutkan, sekitar 2 ribu paket swab kit dan masker bedah dibagikan ke RS Medika Mulia dan RS NU Tuban .Hal ini diperuntukkan untuk mempermudah masyarakat melakukan uji swab. 

"Alat ini (swab kit) bisa membantu masyarakat Tuban yang akan melakukan tes swab. Kita tahu saat ini tes swab masih mahal biayanya.Dengan bantuan dua ribu swab kit ini berarti ada dua ribu masyarakat Tuban yang dapat lakukan swab," terangnya.

Mahalnya swab tes bagi masyarakat, menurut Wihadi, dapat dibantu dengan alat swab kit. Sebab, biaya tes swab akan lebih murah, sehingga adanya swab kit ini akan meringankan masyarakat Tuban. 

Adapum penyerahan bantuan swab kit dan masker diserahkan langsung Wihadi kepada pihak manajemen RS Medika Mulia dr Herry Wijiyanto yang didampingi oleh Dr Bambang Lukmantono.

"Kami benar-benar mengucapkan ribuan terima kasih atas bantuan ini. Swab kit dan masker ini sangat dibutuhkan agar masyarakat bisa dapat layanan swab gratis," ujar dr Herry.

Dr Herry mengaku, ketersediaan reagent kit tersebut di Kabupaten Tuban sangat terbatas. Swab kit ini untuk menentukan PCR (Polymerase Chain Reaction) yang berfungsi memeriksa amplifikasi asam nukleat virus, apakah seorang positif atau tidak.

"Selain sangat membantu Nakes dan masyarakat Tuban, alat ini biasanya impor, kami berterima kasih atas bantuan swab kit dan masker bedah dari Pak Wihadi untuk yang kedua kalinya," pungkasnya. (chusnul huda/hei)

comments powered by Disqus