Foto : Ketua FKUB Tuban KH Masduki Nursyamsi. (ist)

Ketua FKUB Tuban Dukung Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo Jadi Kapolri

  • 14 January 2021 21:29
  • Heri S
  • Umum,
  • 92

Tubankab - Pucuk kepemimpinan Polri segera berganti. Sempat beredar beberapa nama yang akan menjadi orang nomor satu di Korps Bhayangkara tersebut. Namun, akhirnya mengerucut pada satu nama, yakni Komjen Listyo Sigit Prabowo.

Jenderal bintang tiga lulusan Akademi Kepolisian tahun 1991 yang mempunyai segudang prestasi itu merupakan calon tunggal Kapolri yang diajukan kepada Ketua DPR RI pada Rabu (13/01) oleh Presiden Joko Widodo melalui Mensesneg Pratikno untuk menggantikan posisi Jenderal Idham Aziz yang akan pensiun pada 30 Januari mendatang.

Penunjukan Kabareskrim Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang beragama Katolik menjadi calon tunggal Kapolri mendapat beragam tanggapan dari berbagai tokoh, tak terkecuali Ketua FKUB Kabupaten Tuban KH. Masduki Nursyamsi.

Menanggapi penunjukan Komjen Listyo Sigit tersebut, KH. Masduki menilai tidak ada yang harus dipermasalahkan. Dia menyebut bahwa dinamika penunjukan Kapolri baru dari kalangan non-muslim merupakan hal yang wajar, mengingat keberagaman dan kebhinekaan yang ada di Indonesia.

“”Ini merupakan suatu kebhinekaan serta kerukunan antar-umat beragama, saya kira tidak ada masalah jika Kapolri yang ditunjuk Bapak Presiden beragama non muslim, karena atasan Kapolri adalah Presiden yang beragama Islam,” ucap KH. Masduki, Kamis (14/01).

“Intinya saya sebagai Ketua FKUB Kabupaten Tuban menyetujui pencalonan Kapolri (Komjen Listyo Sigit Prabowo) oleh Bapak Presiden” Imbuhnya.

Jika lulus uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test di DPR yang rencananya akan dilaksanakan pada Rabu, 20 Januari 2021, Sigit dipastikan akan segera dilantik sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis. Dia akan menjadi jenderal beragama non muslim kedua yang pernah memimpin Korps Bhayangkara. Sebelumnya Polri pernah dipimpin Jenderal Widodo Budidarmo (Periode 1974-1978) yang juga Beragama Nasrani.(*/hei)

Sumber : Polres Tuban

comments powered by Disqus