Foto : Para pegiat kampung dari dalam maupun luar daerah sedang gelar kemah tunggak damen. (nahrus)

Komunitas Pegiat Kampung Gelar Kemah Tunggak Damen

  • 16 October 2021 18:04
  • Heri S
  • Umum,
  • 184

Tubankab - Komunitas Pemuda Bergerak Plumpang (PBP), Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban bersama para petani desa mengumpulkan para pegiat kampung dari berbagai tempat dalam acara Kemah Tunggak Damen.

Acara yang digelar di area sawah desa setempat, Sabtu (16/10) ini, diikuti oleh cukup banyak pegiat kampung dari dalam maupun luar daerah, seperti Kabupaten Bojonegoro, Lamongan, Gresik dan masih banyak lagi lainnya.

Ketua Komunitas PBP, Bambang Budiono, saat dikonfirmasi mengatakan, tujuan utama kegiatan ini adalah untuk mengenalkan berbagai potensi yang dimiliki Tuban, khususnya Desa Plumpang kepada para peserta yang datang dari luar kota.

“Selain itu, juga sebagai ajang pesta panen oleh para petani desa, untuk merefleksikan bentuk rasa syukur mereka atas kesuksesan panen raya yang baru saja selesai,’’ tuturnya.  

Melalui kegiatan Kemah Tunggak Damen yang digelar selama satu hari satu malam ini, lanjut Bambang, diharapkan warga dan peserta bisa saling bertukar pikiran.

“Peserta yang datang bisa saling bertukar pikiran dengan warga desa, tentang sebuah penyelenggaraan kesenian atau aktivitas budaya di desa,’’ tukasnya.

Bambang menambahkan, melalui salah satu sesi acara, yaitu rembug yang digelar usai pentas seni, ada upaya agar peserta yang datang bisa menyumbangkan ide mereka tentang inovasi untuk pengembangan desa.

Ia mengatakan, kegiatan tersebut mendapat dukungan yang sangat besar dari para petani, terutama pasca-menggelar acara wiwitan dan kemudian mereka berhasil panen.

Menurutnya, para petani dan warga sepakat untuk tidak melibatkan Pemerintah Desa, kesepakatan untuk ditanggung sendiri. Selain tidak ingin merepotkan, para petani merasa mampu dan berkewajiban untuk menanggungnya sendiri,’’ pungkasnya. (m nahrus sodiq/hei)

Sumber : LPPL Tuban

comments powered by Disqus