Foto : Kades socorejo (kiri) saat potong tumpeng yang diserahkan kepada Direktur BUMDes Maju Mandiri Sejahtera (kanan) (chusnul)

Begini Cara BUMDes Socorejo Pasarkan Produk UMKM

  • 29 October 2019 16:04
  • Heri S
  • Umum,
  • 537

Tubankab - Untuk kesekian kalinya langkah inovatif dilahirkan dari salah satu Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang ada di Kabupaten Tuban.

Kali ini, BUMDes Maju Mandiri Sejahtera, Desa Socorejo, Kecamatan Jenu menjajaki kerjasama dengan salah satu E-Commerce ternama di Indonesia yakni Tokopedia.

Kepala Desa Socorejo, Zubas Arief Rahman Hakim dalam keterangannya menyampaikan, pihaknya bersama perwakilan Tokopedia dan jajaran Forkopimcam Jenu telah meluncurkan Tokopedia Center Socorejo yang bekerjasama dengan BUMDes Maju Mandiri Sejahtera, Socorejo, di balai desa setempat, Selasa (29/10).

"Semoga dengan kerjasama ini bisa memberikan kontribusi positif bagi ekonomi masyarakat sekitar," terang Kades milenial ini.

Dan yang kedua, Kang Arief sapaan akrabnya menambahkan, dengan adanya Tokopedia center ini, bisa digunakan sebagai sarana pemasaran produk UMKM dan produk lokal masyarakat Socorejo dan sekitarnya.

Sementara itu, Beta Aegis perwakilan Tokopedia yang hadir menjelaskan, dengan adanya Tokopedia Center ini ada 2 fokus yang ditargetkan. Yang pertama menjadikan Tokopedia Center sebagai pusat literasi dan edukasi digital.

Sehingga, lanjut Beta kalau ada warga yang belum terlalu melek teknologi bisa konsultasi dan tanya ke Tokopedia Center yang bekerjasama dengan BUMDes Socorejo.

"Kita sudah siapkan 2 konsultan di BUMDes ini, yang kita ambil dari pemuda pemudi warga sekitar, mereka sudah kita bekali pengetahuan dan pelatihan pemasaran online dan Tokopedia pada khususnya," paparnya.

Jadi pihaknya berharap, Tokopedia Center bisa jadi wadah untuk warga yang ingin tahu dunia digital untuk pemasaran produk melalui jual beli online.

Kemudian yang kedua, sambung Beta pihaknya ingin membantu pemasaran produk UMKM khas desa yang dijual melalui BUMDes supaya dikenal di masyarakat luas, bukan hanya lokal tapi bisa merambah tingkat nasional.

"Harapannya perekonomian masyarakat yang mayoritas produknya hasil laut bisa meningkat," harapnya.

Ia juga menyatakan, selain Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, nantinya juga akan menyusul peluncuran Tokopedia Center di Desa Bulu Meduro, Kecamatan Bancar dan Desa Sokosari, Kecamatan Soko.

"Untuk di Tuban baru pertama kali di BUMDes Maju Mandiri Sejahtera Socorejo ini," pungkasnya. (chusnul huda/hei)

comments powered by Disqus