Foto : Perolehan poin kafilah Kabupaten Tuban yang ikut MTQ (mc)

Kafilah Tuban Alami Lonjakan Luar Biasa

  • 01 November 2019 19:10
  • Heri S
  • MTQ 2019,
  • 205

Tubankab - Memasuki hari terakhir pelaksanaan MTQ XXVIII Jatim Tahun 2019, kafilah Tuban menunjukkan prestasi yang membanggakan. Berdasarkan data yang berhasil dihimpun sampai dengan pukul 14.45 WIB, kafilah Tuban berhasil mengumpulkan 123 poin. Hal ini merupakan lonjakan luar biasa kafilah Kabupaten Tuban.

Menurut Kabag Kesra Setda Tuban, Eko Julianto, perolehan poin ini mengalami lonjakan yang luar biasa jika ditilik dari perolehan poin kafilah Tuban pada MTQ di Pasuruan dan Banyuwangi sebelumnya. “Pada 2015 di Banyuwangi, kafilah Tuban hanya mendapat 10 poin saja dengan peringkat ke-26, sedangkan pada  2017 di Pasuruan, kafilah Tuban mendapatkan 22 poin dengan peringkat ke-16 dari 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur,” ujar Eko Julianto.

Sehingga dengan perolehan saat ini, kafilah Tuban sangat mungkin masuk dalam 5 besar kejuaran saat ini. Hingga sore ini kafilah Tuban masih menyisakan satu cabang lomba, yaitu Tilawah Golongan Dewasa yang akan dilombakan di Masjid Agung Tuban, Jumat malam. “Perwakilan kafilah Tuban, Rofiatul Muna merupakan salah satu kafilah yang diandalkan pada cabang ini, sehingga kita optimis dapat memaksimalkan perolehan poin untuk Kabupaten Tuban,” jelas Mantan Camat Semanding Ini.  

Adapun untuk hasil akhir dan peringkat, Eko Julianto mengatakan untuk menunggu pengumuman resmi dari Dewan Hakim pada saat penutupan MTQ XXVIII Jatim yang akan dilaksanakan di Alun-alun Tuban, Sabtu (02/11) besok malam.

Sedangkan Khoirul Muqim Ketua Kafilah Kabupaten Tuban mengatakan bahwa dalam babak final yang digelar Jumat (01/11), Kabupaten Tuban sementara sudah meraih 15 kejuaraan dari 15 golongan yang dilombakan. Yakni enam juara pertama, enam juara kedua dan tiga juara ketiga.

"Sebelumnya juga telah diperoleh sebanyak 6 juara harapan, dengan rincian juara harapan 1 sebanyak 1; harapan 2 sebanyak 4; dan harapan 3 sebanyak 1,” beber pegawai Kemenag Tuban ini.

Adapun enam juara pertama yang diraih adalah dari cabang tilawah meraih juara pertama dari golongan tilawah anak-anak putra atas nama A. Farid Fahruddin dengan nilai 95.50. Juara kedua di golongan ini diraih Kabupaten Mojokerto dengan nilai 93.00 dan juara tiga Kabupaten Malang dengan nilai 91.50.

Kemudian tilawah golongan qiraat sab’ah mujawwad juara pertama atas nama Khoirun Naim dengan nilai 94.50. Juara kedua Kabupaten Gresik dengan nilai 94.00, juara 3 Kabupaten Sidoarjo dengan nilai 93.00.

Kemudian cabang MHQ golongan 1 juz dan tilawah putri juara pertama dengan nilai 97,5. Juara kedua Kabupaten Gresik nilai 97 dan juara ketiga Kabupaten Sidoarjo dengan nilai 96,5.

Serta Cabang MMQ menjadi juara pertama dengan skor 92,0714. Juara kedua Kabupaten Malang dengan skor 91,7500 dan juara ketiga Kabupaten Sidoarjo dengan skor 91,3571. 

Raihan juara pertama juga diraih Kafilah Tuban atas nama Ahmad Ma’ruf Zulfa pada cabang MKQ golongan Dekorasi putra dengan skor 89.00, mengungguli kafilah Kabupaten Kediri dengan skor 88.00 dan kafilah Gresik dengan skor 80.

Juara pertama berhasil diraih Kafilah Tuban bernama Nasril Ilham Saputra yang berlomba di cabang Tilawah golongan Tartil dengan skor 96,75. Raihan skor ini diatas kafilah Kabupaten Jember dengan skor 96,50 dan Kabupaten Ngawi dengan skor 93.50.

Sementara enam juara kedua adalah dari cabang Tilawah golongan tilawah anak-anak putri atas nama Lailiya Mar’atus Sholihah dengan nilai 94.75 ; cabang MKQ golongan hiasan mushaf atas nama Kasiful Amin dengan nilai  86; cabang MSQ beregu putri dengan nilai 89; MHQ Putra 1 Juz dan tilawah dengan nilai 96,25. Berikutnya juga di cabang tilawah golongan qiraat sab'ah murattal remaja dengan nilain 97.50; cabang MHQ golongan 5 Juz dan Tilawah dengan skor 96.50 atas nama Muhammad Ulul Azmi.

Selanjutnya untuk juara ketiga adalah dari cabang MSQ beregu putra; cabang MFQ/CCQ putra dan cabang Tilawah golongan Qiraat Sab’ah Murrotal Dewasa atas nama Mauidhotul Hasanah. (media center/hei)

comments powered by Disqus