Foto : RTIK Tuban saat terima penghargaan Anugerah Relawan TIK Indonesia kategori Pengelola Website Terbaik. (ist)

Relawan TIK Tuban Sabet Penghargaan Kategori Pengelola Website Terbaik

  • 31 August 2021 15:37
  • Heri S
  • Umum,
  • 129

Tubankab - Festival TIK (Festik) Nasional 2021 di Provinsi Bali yang diselenggarakan oleh Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) Indonesia 30 - 31 Agustus 2021 resmi dibuka oleh Gubernur Bali, Wayan Koster, Senin (30/08) kemarin.

Agenda Festik yang merupakan agenda rutin setiap tahun itu merupakan Festik ke-10 dengan tuan rumah Bali secara daring dan luring. Sebelumnya di Festik yang sama pada tahun 2020 diselenggarakan di Surabaya secara daring karena pandemi.

Kegiatan yang terpusat di salah satu hotel di Kota Denpasar, tersebut diikuti oleh peserta terbatas karena masih pandemi Covid-19 dan harus memperhatikan protokol kesehatan ketat.

Dari banyak rangkaian kegiatan yang dijadwalkan, salah satu kegiatan yang ditunggu Relawan TIK se-Indonesia adalah Anugerah Tahunan Relawan TIK Indonesia.

"Alhamdulillah RTIK Tuban bisa meraih penghargaan kategori Pengelola Website Terbaik. Ini merupakan wujud eksistensi RTIK Tuban yang diakui oleh pengurus pusat," kata Ketua RTIK Tuban Afrizal Rizkillah, Selasa (31/08).

Ia berharap, semoga dengan penghargaan ini bisa menjadi motivasi RTIK Tuban dalam kiprah di masyarakat, baik dalam pendampingan literasi digital atau kegiatan lainnya.

Dalam kegiatan Festik tahun ini, kata Rizal, Tuban mendelegasikan 6 perwakilan pengurus dan anggota RTIK, di mana selama kegiatan di Bali akan melaksanakan kegiatan berupa literasi digital yang bekerjasama dengan 50 sekolah dan 10 desa di Bali yang dikemas dalam workshop maupun webinar yang merupakan mitra RTIK Pusat. 

Sementara itu, Ketua Relawan TIK Indonesia Fajar Eri Dianto, menjelaskan Anugerah Tahunan Relawan TIK Indonesia adalah penghargaan tahunan yang diselenggarakan oleh pengurus pusat Relawan TIK Indonesia dan diberikan kepada masyarakat, komunitas, akademisi, pemerintah, pelaku usaha, pengurus wilayah, pengurus cabang, dan pengurus komisariat Relawan TIK di seluruh Indonesia atas kontribusinya dalam percepatan pemanfaatan teknologi informasi di Indonesia.

"Ada 7 kategori penghargaan, masing-masing kategori Tata Kelola Organisasi (khusus Relawan TIK), kategori Pengelola Sosial Media Terbaik, kategori Pengelola Website Terbaik, kategori Program Pemberdayaan Desa, kategori Program Pemdampingan UMKM, kategori Program Edukasi Literasi Digital Masyarakat dan kategori Program Penanggulangan Covid-19.

Untuk diketahui, usai Festik Nasional 2021 akan dilanjut dengan gelaran Southeast Asia-Internet Governance Forum (SEA-IGF) yang akan berlangsung di Nusa Dua, Bali pada 1-2 September 2021. (chusnul huda/hei)

comments powered by Disqus