Foto : Pemdes Klakeh lestarikan tradisi sedekah bumi dengan gelar wayang kulit. (chusnul)

Wujud Rasa Syukur, Warga Desa Klakeh Gelar Sedekah Bumi

  • 17 June 2021 19:30
  • Heri S
  • Umum,
  • 184

Tubankab - Pemdes Klakeh, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban menggelar tradisi sedekah bumi, Kamis (17/06) pagi. Sedekah bumi yang digelar di makam desa setempat tersebut sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Sedekah bumi yang digelar secara turun temurun tersebut dikemas dengan kegiatan membaca Surat Yasin dan Tahlil yang dilanjutkan dengan pagelaran wayang kulit.

"Karena saat ini masih masa pandemi Covid-19, acara sedekah bumi ini tetap menerapkankan protokol kesehatan, sehingga kegiatan ini tetap digelar dengan sangat sederhana untuk melestarikan budaya yang sudah ada," tutur Kepala Desa Klakeh, Sugiono saat ditemui tempat acara.

Pihaknya juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh lapisan masyarakat, karena acara tersebut dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar.

“Semoga ke depan warga Desa Klakeh bisa semakin kreatif dan kompak. Dan yang paling utama adalah warga tetap rukun dan guyub,” ujarnya.

Sugiono berharap kepada warga, tetap semangat dalam bekerja dan semoga diberikan kesehatan dan dilimpahkan rezekinya dalam mengolah lahan pertanian.

“Kegiatan ini merupakan bentuk rasa syukur terhadap rezeki yang didapat pada bidang pertanian, semoga mampu menafkahi keluarga. Dan satu lagi, dengan adanya pandemi Covid-19 yang belum usai, harapan kami agar warga tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah,” pungkasnya. (chusnul huda/hei)

comments powered by Disqus